Pantai Pandan dan Pulau Pandan Tanjung Kelumpang Belitung, so nartural and virgin

Dasril Iteza - Pulau Belitung mempunyai banyak keindahan pesona pantai sehingga membuat pulau ini kaya akan pemandangan alam pantai yang hampir dapat ditemui disepanjang bibir pulau. Banyak pantai-pantai di Belitung yang telah memiliki nama tenar sampai ke luar negeri seperti Pantai Tanjungtinggi dan Pantai Tanjungkelayang. Namun ada juga beberapa pantai yang mungkin masih belum familiar bahkan di kalangan masyarakat Belitung sekali pun. Sebut saja misalnya Pantai Pandan!

Pantai ini merupakan jenis pantai yang masih sangat natural dengan hamparan pasir putih dan bebatuan granit. Indah, natural dan masih perawan. Itulah kata yang saya rasa pas untuk pantai ini. Konon, disebut Pantai Pandan karena didepannya terdapat sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Pandan.

Pulau Pandan

Konon, Pulau Pandan sendiri dipercayai oleh masyarakat setempat, merupakan tempat pesinggahan Lanun alias Bajak Laut dimasa lalu. Selain itu di pulau mungil ini tersimpan berbagai misteri yang hingga sekarang masih dapat disaksikan.


Pada salah satu batu granit tercetak jelas, bekas sepasang telapak kaki, yang diyakini sebagai bekas telapak kaki Lanun yang memiliki kesaktian tinggi. Bekas telapak kaki tersebut tercetak pada kerasnya batu granit yang diyakini telah berumur lebih dari 100 tahun.

Berjarak kurang lebih sekitar 93 km dari Kota Tanjungpandan atau 18 km dari Kecamatan Simpang Pesak, pantai ini berlokasi di Desa Tanjungkelumpang (lebih pas lagi jarak pantai ini sekitar 5 kilometer dari Kantor Desa Tanjung Kelumpang. Hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari Pantai Punai Tanjung Kelumpang). Pantai Pulau Pandan ini selain memiliki pesona alami nan indah, sangat pas dijadikan untuk menyegarkan pikiran dan membuat anda nyaman sekali saat berkunjung kesini. Pantai ini cocok juga untuk melaksanakan aktivitas olah raga seperti berenang, memancing. Tidak ketinggalan bagi yang hobby photografi, anda juga bisa mendapatkannya disini, tidak peduli apakah anda itu amatiran atau memang sudah pro sekalipun, anda akan mendapatkan hasil yang bagus disini.


Selain bekas telapak kaki diatas, juga terdapat pula bekas tali tambang kapal atau sauh alias tali jangkar kapal yang sudah membatu yang membujur sepanjang belasan meter. Itu terlihat dari besarnya tali tambang tersebut yang menggambarkan besarnya kapal yang berlabuh kala itu.

Keunikan serta misterius lain dari Pulau Pandan ini adalah terdapat sebuah sumur pahatan sedalam satu meter yang berbentuk persegi lima di atas bebatuan granit. Konon bagi mereka yang pernah mencicipinya, airnya rasanya tawar dan juga tidak pernah kering. Seolah-olah ada mata air yang selalu mengisi sumur pahatan tersebut walau di saat musim kemarau. Selain itu juga terdapat batu yang muncul dari dasar laut yang berbentuk kepala ikan lumba-lumba.


Hal yang sangat disayangkan adalah saat saya mengunjungi kawasan ini kemarin (19/09/2014) tidak dapat menyeberang ke Pulau Pandan dikarenakan air laut sedang pasang. Jadi dokumentasi foto-foto hanyalah Pantai Pandan semata dengan Pulau Pandan dihadapannya.

bersambung....
to be continued....
silakan baca Pulau Pandan Tanjung Kelumpang!

-------------------------------------------------------------------------------------



3 comments :

Ngetripkemana.com Sunday, February 3, 2019 at 2:01:00 AM GMT+7  

Penginapan di lokasi ini mahal atau tidak pak?

Dasril Iteza Saturday, August 31, 2019 at 11:14:00 PM GMT+7  

@Ngetripkemana.com ...

lumayan murah, pak/ibu...

Nusa Trans Travel Saturday, December 10, 2022 at 11:45:00 AM GMT+7  

Thanks for sharing
trevel Bondowoso Malang pp murah aman dan nyaman

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker