Istilah-istilah dalam uang kertas Rupiah Indonesia

Dasril Iteza - Sebagai bahan konsumsi bersama, ada beberapa istilah yang mesti kita familiarkan. Hal ini tidak hanya sebagai penambah pengayaan wawasan dalam mata uang kertas namun lebih jauh dari itu istilah-istilah dibawah ini dimaksudkan oleh pemerintah untuk mengenali keaslian uang kertas tersebut dan hal tersebut dipayungi dengan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang, dalam pasal 1 ayat 5!

Bagian Muka

Bagian Belakang

WATERMARK atau Tanda Air dan ELECTROTYPE. Pada kertas uang terdapat tanda air berupa gambar yang akan terlihat apabila diterawangkan kearah cahaya.

SECURITY THREAD atau Benang Pengaman. Ditanam atau dianyam pada bahan kertas uang sehingga tampak sebagai garis melintang dari atas ke bawah. Pada pecahan tertentu akan memendar apabila dilihat dengan sinar ultraviolet.

INTAGLIO atau Cetak Dalam. Cetakan yang terasa kasar apabila diraba.

RECTOVERSO atau Gambar Saling Isi. Pencetakan suatu ragam bentuk yang menghasilkan cetakan pada bagian muka dan belakang beradu tepat dan saling mengisi jika diterawangkan ke arah cahaya.

OPTICALLY VARIABLE INK atau Tintan Berubah Warna. Hasil cetak tinta khusus yang akan berubah warna apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

MICROTEXT atau Tulisan Mikro. Tulisan berukuran sangat kecil yang hanya dapat dibaca dengan menggunakan kaca pembesar.

INVISIBLE INK atau Cetakan Tidak Kasat Mata. Hasil cetak tidak kasat mata yang akan memendar di bawah sinar ultraviolet.

LATENT IMAGE atau Gambar Tersembunyi. Hasil cetak berupa gambar atau tulisan tersembunyi yang dapat dilihat dari sudut pandang tertentu. (Sumber : Buku Panduan Uang Rupiah – BI)

-------------------------------------------------------------------------------------



4 comments :

Unknown Sunday, November 16, 2014 at 11:30:00 AM GMT+7  

ok.....

outbound Monday, December 8, 2014 at 10:24:00 AM GMT+7  

nambah ilmu lagi gan
mantap artikelnya
up date terus ya

Dasril Iteza Wednesday, December 10, 2014 at 8:16:00 AM GMT+7  

@outbound ....

Thanks gan...... biasanya sih gitu, kalo dah ada topik yang layak untuk publish, maka langsung saya update :) dan makasih juga atas kunjungannya ke bloh sederhana ini!

Anonymous Thursday, May 16, 2019 at 3:17:00 PM GMT+7  

Mantul

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker