Sistem atau Fitur Moderasi komentar pada blog

Dasril Iteza - Ini bukanlah fitur baru pada engine blogspot (blogger.com). dia sudah lama bertengger. Awalnya saya engan menuliskannya pada posting. Namun, karena baru saja saya menghapus sebuah komentar yang tidak relevan dan tidak etis serta tidak ada hubungannya dengan artikel yang saya bahas, maka itu merubah segalanya dalam konteks moderasi komentar blogger.

Pentingkah? Pada saya tentu menjadi sangat penting. Mungkin bagi yang tidak menganggapnya tidak penting jadi komentar-komentar pada blog tidak perlu dimoderasi hingga menjadi tidak penting.


Beberapa menit lalu sebelum saya mempublikasi posting ini, ada sebuah komentar yang tidak etis untuk dipublikasikan pada blog ini. Kesannya beriklan, tidak relevan dan tidak nyambung dengan apa yang saya bahas pada artikel tersebut, dengan amat senang hati sekali saya menghapusnya! Begitulah.

Ada beragam isi dari komentar, ada yang penting ada juga yang tidak penting, ada yang membangun, namun ada juga yang menjatuhkan, ada yang bermotivasi hanya menautkan link semata atau ada juga yang beriklan tidak jelas bahkan yang tidak etis pun juga ada. Rekan blogger pasti sering mengalami hal ini dan bukan mustahil juga menjadi jengkel karenanya. Pada suatu sisi, fitur komentar yang dibuka bisa menjadi keuntungan bagi sang pemilik blog sehingga blog terlihat ramai pengunjung dan “hidup”, hal ini terjadi jika kita bisa mengelolanya dengan baik.

Masalah muncul karena sekarang ini banyak sekali Spammer yang memanfaatkan fitur kolom komentar untuk memasang link untuk tujuan SEO.

Komentar berkatagori Spam biasanya tidak sesuai dengan artikel yang kita bahas dan berisi link situs web/blog, bahkan kebanyakan para Spammer ini menggunakan software untuk mengirimkan komentar. Tentu saja komentar seperti ini sama sekali tidak ada manfaatnya bagi blog kita, bukan? Justru dengan membiarkan komentar Spam berisi link-link yang tidak bermanfaat, link-link iklan tidak jelas akan membuat blog kita terlihat tidak profesional.

Saya berpendapat terlepas dari penting atau tidaknya kita memoderasi sebuah komentar (karena memoderasi komentar pada blog adalah hak prerogatif sang pemilik blog itu sendiri), sebaiknya kita harus tetap memberikan ruang bagi pembaca (pengunjung) untuk menyalurkan apa yang mereka pikirkan dari tulisan yang kita publikasikan.

-------------------------------------------------------------------------------------



3 comments :

Mobile App Developers Saturday, September 12, 2015 at 2:31:00 PM GMT+7  

That is an extremely smart written article. I will be sure to bookmark it and return to learn extra of your useful information. Thank you for the post. I will certainly return.

GST Registration in Delhi Wednesday, January 4, 2017 at 2:24:00 PM GMT+7  

After looking at a few of the blog articles on your site, I seriously appreciate your way of writing a blog.

Dasril Iteza Wednesday, January 4, 2017 at 4:18:00 PM GMT+7  

@GST Registration in Delhi...

can speak indonesian?

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker