Awan Morning Glory, kah?

Dasril Iteza - Ini adalah beberapa foto awan yang pernah saya ambil tanggal 23 Januari 2016 silam pukul 08.30 WIB di muara di Belitung tempat saya biasa memancing ikan Mangrove Jack dkk. Karena melihat bentunknya yang terlihat bulat seperti bulatan tabung panjang, saya pun mengabil hape untuk mengabadikannya. Saya taksir ketinggiannya hanya beberapa ratus meter dari atas kepala saya dan beberapa orang yang sedang memancing ikan saat itu.


Namun awan apakah itu? Kok rendah sekali menggantungnya.

Dari internet saya menjelajah dan menemukanlah sebuah nama awan yaitu awan Morning Glory.


Awan Morning Glory

Awan morning glory adalah sebuah fenomena alam yang sangat langka. Ia pernah terlihat di banyak lokasi berbeda di seluruh dunia, namun hanya di bagian utara teluk Carpentaria di Australia dimana awan jenis ini dapat diprediksi dan diobservasi.

Awan morning glory memiliki bentuk seperti gulungan/tabung yang panjangnya bisa mencapai hingga 1.000 kilometer dengan ketinggian 1 hingga 2 kilometer. Bahkan, kadang ia bisa berada pada ketinggian hanya sekitar 100 hingga 200 meter dari permukaan bumi.


Awan ini juga bergerak dengan kecepatan sekitar 60 kilometer perjam. Umumnya formasinya hanya terdiri dari satu awan, namun, kadang bisa mencapai hingga delapan gulungan awan. Para ilmuwan masih belum mengetahui secara pasti bagaimana awan indah ini bisa terbentuk.

Sebagian percaya kalau awan ini mungkin terbentuk akibat tiupan angin laut dari barat yang lebih kuat dan hangat dibandingkan angin timur. Ketika angin barat ini menggulung angin timur, terbentuklah awan Morning Glory.

Bagaimana menurut sobat Blogger, foto-foto saya diatas apakah jenis awan Morning Glory?

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

Anonymous Thursday, September 7, 2017 at 10:44:00 PM GMT+7  

Keep on writing, great job!

Dasril Iteza Wednesday, September 13, 2017 at 8:05:00 AM GMT+7  

Thank You!

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker