Fenomena Halo Matahari 2017 di Langit Belitung

Dasril Iteza - Fenomena Halo Matahari untuk wilayah Manggar, Kabupaten Belitung Timur kembali dapat dilihat pada Rabu 27 September 2017, pengamatan saya lakukan sekitar pukul 13.43 WIB. Perlu diketahui fenomena serupa pernah saya lihat Selasa 12 Oktober 2010 silam. Mengarahkan pandangannya ke langit untuk menyaksikan fenomena alam yaitu fenomena halo matahari yang muncul sekitar pukul 10.30 pagi dan berlangsung lebih dari 90 menit. Ini adalah fenomena alam normal biasa, seperti pelangi. Akan tetapi pelangi tersebut mengelilingi matahari dalam bentuk cincin.


Halo adalah fenomena optikal berupa lingkaran cahaya di sekitar sumber cahaya seperti matahari atau bulan. Ia merupakan kejadian alam yang biasa dan terjadi akibat refleksi cahaya matahari atau bulan oleh kristal-kristal es yang terkandung di awan. 4 (empat) hari kemudian, tepatnya tanggal 1 Oktober 2017, femonena optis halo matahari kembali terjadi. Foto yang saya ambil pada pukul 11.43 WIB. Well, dalam waktu seminggu telah terjadi setidaknya 2 (dua) kali fenomena halo matahari.


Fenomena Halo matahari benar-benar dapat terjadi beberapa kali dalam sehari, namun karena langit mendung, tidak semua dapat terlihat. Bagi orang yang ingin melihat halo matahari, sangat berbahaya sekali untuk melihat langsung ke matahari. Fenomena halo matahari biasanya berlangsung beberapa menit dan akan hilang jika angin bertiup mengelilingi matahari, fenomena halo matahari ini tidak akan berdampak apapun pada cuaca.


Meskipun secara ilmiah fenomena halo matahari merupakan fenomena optis biasa, namun cerita dalam masyakarat yang sudah turun termurun merupakan sesuatu yang sudah tidak bisa dibendung lagi, dimana kalau ada fenomena halo matahari, entah dibagian bumi mana, akan terjadi badai ribut yang hebat.

-------------------------------------------------------------------------------------



4 comments :

Anonymous Friday, November 24, 2017 at 9:56:00 AM GMT+7  

Muito! Isso foi um realmente maravilhoso artigo.
Obrigado por fornecendo esses detalhes.

Anonymous Sunday, November 26, 2017 at 11:03:00 AM GMT+7  

Tem incrível para visite isto local e lendo
as opiniões de todos companheiros relativa isto artigo , enquanto eu também sou ansiosos de conseguir conhecimento .

Anonymous Monday, November 27, 2017 at 5:09:00 AM GMT+7  

O que se passa , a coisa toda vai perfeitamente aqui e é claro que cada um está compartilhando
fatos, isso é na verdade bem , continue escrevendo.

Dasril Iteza Monday, November 27, 2017 at 10:20:00 PM GMT+7  

can you speak Bahasa?

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker