Mengintip benda-benda antik dan langka koleksi seorang teman

Waktu menunjukkan sekitar jam setengah delapan pagi (Sabtu, 14 Juli 2012) tatkala saya menghidupkan kontak motor. Sebuah perjalanan yang memakan waktu sekitar satu jam untuk sampai pada rumah seorang teman. Teman tersebut bukanlah sebarang teman, karena memiliki sejumlah benda-benda antik yang langka dan sudah pasti bernilai jual sangat mahal.

Berangkat dari rumah menuju kediaman beliau, akhirnya setelah menempuh perjalanan cukup melelahkan selama satu jam lebih sampai juga pada rumah teman tersebut. Barhan adalah nama teman tersebut, sosok pria bersahaja usia lima puluh tahunan!

Awalnya saya hanya ingin mencari uang-uang serta koin kuno untuk keperluan koleksi dan ingin saya posting pada blog Money Koin saya, namun uang-uang serta koin-koin kuno tersebut tidak berada pada rumah beliau, akan tetapi turut cerita beliau uang-uang koin kuno tersebut berada pada rumah mertua beliau. Tidak enak untuk berkunjung karena sang mertua katanya sedang sakit.

Akhirnya beliau memperlihatkan koleksinya pada saya berupa benda-benda kuno dan mayoritas diantaranya adalah baru pertama kali saya lihat. Beberapa diantaranya yang bisa saya dokumentasikan adalah:


Mangkok kuno dimana pada bagian bawahnya tertera cap bertuliskan DRAGON Made in Holland bergambarkan Naga Merah; Mangkok kuno Cina; Sebuah Piring Antik;



Papan tulis kuno “Grip” berwarna hitam dengan bingkai kayu jati;


Sebutir Batu Permata Kelapa berwarna putih mengkilat dan licin;


Dua butir Batu Permata Zamrud berwarna hijau muda berukuran sebesar kelereng. Hijau muda mengkilat seperti permata Kelapa diatas.


Rantai Babi yang berwarna kuning keemasan. Sekilas memang mirip rantai kalung emas yang dapat ditemukan dengan mudah pada setiap toko penjual perhiasan dari emas. Turut keterangan beliau, rantai tersebut terbuat dari Besi Kuning dan tidak ada hubungannya dengan binatang bernama Babi. Siapapun yang memakainya dengan cara dikalungkan pada leher, akan menderita gatal-gatal sekujur badan dan Sebutir batu permata yang diakui beliau sebagai batu permata Merah Delima yang kesohor itu. Ya, siapa yang belum pernah mendengar nama batu permata Merah Delima? Silakan angkat tangan! Atau silakan berkomentar dibawah. Hehehehe!

Itu adalah beberapa diantara sekian banyak benda-benda antik milik teman diatas. Sebenarnya masih ada satu lagi yang ingin saya lihat dan pegang. Tepatnya ingin saya buktikan sendiri dengan mata kepala saya sendiri, yaitu sebilah keris pusaka yang konon katanya tidak bisa dicabut dari sarungnya kalau bukan orang yang keturunan pemilik keris tersebut awalnya.

Beliau mengatakan pada saya, pernah ada seorang mantan bupati yang mengetahui keberadaan keris yang tidak bisa dicabut dari sarungnya tersebut ada pada teman saya Barhan ini. Singkat kata, mantan bupati tersebut mengunjungi rumah teman saya ini dan ingin membuktikannya. Benar saja, keris memang tidak bisa dicabut oleh mantan bupati tersebut. Hanya orang yang merupakan keturunan dari pemilik sah keris tersebutlah yang bisa mencabut/ memisahkan keris dari sarungnya!

Sebenarnya saya agak kurang tertarik dengan benda-benda antik tersebut, karena misi awal saya adalah ingin berburu mata uang kuno, koin-koin kuno! Namun untuk saat ini saya masih pulang dengan tangan hampa, karena beliau meminta waktu pada saya untuk mengumpulkan itu semua… well, akan saya tagih janji beliau untuk memberikan berbagai mata uang kuno, koin kuno yang telah dijanjikan! Jika hari itu tiba, maka tulisannya akan saya posting di blog saya yang khusus membahas koin mata uang kuno di http://moneykoin.blogspot.com.

Catatan kaki:
Seluruh foto-foto yang dipublikasikan pada artikel diatas adalah koleksi pribadi saya selaku penulis artikel dan admin Blog Dasril Iteza dan publikasi foto-foto tersebut di internet telah seizin dari teman tersebut selaku kolektor benda-benda antik dalam berbagai foto diatas!

2012 © kodzan.blogspot.com

-------------------------------------------------------------------------------------



4 comments :

Unknown Thursday, January 10, 2013 at 10:46:00 AM GMT+7  

ty informasinx mantab gan

mampir di http://pahlawan-pintar.blogspot.com/

Dasril Iteza Monday, July 7, 2014 at 8:09:00 PM GMT+7  

@wiranata kusuma & @faisal firmansyah,....

Salam kenal juga :)

Unknown Tuesday, September 1, 2015 at 5:00:00 PM GMT+7  

Saya mempunyai 3 Al Qur’annya Kyai Kholil Bangkalan yang legendaris yang pertama ukuran 67 x 100 cm sampul dari kulit sapi, yang kedua ukurannya 33 x 43 cm sampul dari kulit onta dan yang ketiga ukuran 43,5 x 62,5 cm terbuat dari sampul sapi, yang saya maharkan dari kulit sapi ukuran 67 x 100 cm untuk biaya pembangunan masjid sesuai pesan almarhum, untuk yang berminat mohon menghubungi 081355469977

Dasril Iteza Saturday, November 7, 2015 at 12:40:00 AM GMT+7  

Semoga tidak ada penipuan disini....dan saya tidak bertanggung jawab jika ada menjadi rugi atau menjadi untung

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker