Pulau Batun alias Pulau Kebatu Ujung Teras Belitung Timur

Blogger Belitung - Pulau Kebatu atau Pulau Kebat, orang Belitung menyebutnya Pulau Batun adalah sebuah pulau di masuk dalam wilayah administrasi Desa Tanjung Kelumpang Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur, Indonesia. Terletak 300 km timur laut ibukota Jakarta. Luas wilayahnya 0,18 kilometer persegi.


Medan di Pulau Kebatu adalah berbukit batu. Memang pulau ini penuh dengan bukit batu. Menurut hemat saya perbandingan antara daratan tinggal penduduknya dengan total pulaunya adalah 20 persen : 80 persen. Dengan kata lain untuk area temtap tinggal pulau ini hanya 20 persennya sedangkan sisianya 80 persen adalah medan bukit batu. Titik tertinggi pulau ini adalah 76 meter di atas permukaan laut. Membentang 0,5 kilometer ke arah utara-selatan, dan 0,6 kilometer ke arah timur-barat.

Sedikit melakun riset dan informasi tentang pulau kecil ini, dibanding nama Pulau Batun, dunia internasional berikut pemetaannya lebih mengenalnya dengan nama Pulau Kebatu. Jika kita melakukan pencarian dengan kata kunci “pulau batun” maka sedikit informasi yang kita dapatkan. Namun saat pencarian menggunakan keywords ‘pulau kebatu’ maka kita langsung akan diarahkan menuju pulau kecli tersebut, lengkap dengan koordinatnya, bahkan ada juga yang menyertakan forecast-nya.

Perjalanan laut dari Pantai Punai ke Pulau Batun ini membutuhlan waktu sekitar 6 jam (apabila ditunjang cuaca normal), bertolak dari Pangkalan Ruk Desa Tanjung Kelumpang Kabupaten Belitung Timur. Beberapa foto-foto yang menyertai postingan ini serta link video youtube adalah kondisi terkini atau terbaru pulau Kebatu alias Pulau Batun yang bisa dilihat oleh masyarakat luas yang saya abadikan saat mengunjungi pulau ini tanggal 28 Januari 2020 lalu.

Pulau Kebatu memiliki fasilitas pendidikan berupa SD Negeri 10 Simpang Pesak yang digabung dengan Pulau Ketapang. Ada 4 (empat) lokal di pulau ini, sisa 2 (dua) lokal berada di Pulau Ketapang.

Kata Kunci pencarian di Google/  Google Maps/ Bing/ Yahoo :
  • Pulau Kebat
  • Pulau Batun 
  • Pulau Kebatu 
  • Pulau Kebatoe
Tautan :

 

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker