Desa Air Saga

Desa Air Saga merupakan tempat dimana saya tumbuh, besar dan berkembang. Sekurang-kurangnya 18 tahun saya di desa ini, untuk kemudian merantau ke Yogyakarta selama 4 tahun (2000 – 2004), dan setelah itu kembali pulang kampung dan jadi penggangguran selama 2 tahun uktuk kemudian mulai 2006 merantau ke Kota Manggar, Kabupaten Belitung Timur sampai sekarang karena saya bekerja disana. Seminggu sekali biasanya saya pulang ke Desa Air Saga untuk menjenguk orang tua.

Desa Air Saga terdiri dari dataran rendah dan pantai. Kandungan material dalam tanah di bumi Desa Air Saga adalah Kaolin dan Pasir Kwarsa dan secara administratif merupakan salah satu bagian dari Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung dengan luas wilayah kurang lebih 1.635 hektar dengan memiliki batas-batas:
  • Utara: Berbatasan dengan Desa Batu Itam 
  • Selatan: Berbatasan dengan Desa Tanjungpendam 
  • Timur: Berbatasan dengan Desa Paal Satu 
  • Barat: Berbatasan dengan laut.
(Sumber: Data Profil Desa Air Saga Tahun 2009 S/D 2010, Kecamatan Tanjungpandan – Kabupaten Belitung).

Di Desa Air Saga terdapat fasilitas jalan raya utama yang menhubungkan Kota Tanjungpandang menuju beberapa kawasan wisata terkenal seperti Pantai Tanjungkelayang, Pantai Tanjungtinggi serta beberapa desa dan lainnya.


Perihal batas Desa Air Saga dengan Desa Batu Itam, disini terdapat satu jembatan besi yang bernama Jembatan Kubu (oleh penduduk Belitong jembatan ini disebut Jeramba Kubu), dimana dibawah Jembatan Kubu ini adalah Muara dari Sungai Kubu yang langsung ke Laut Lepas. Kawasan Jembatan Kubu merupakan tempat yang cukup vital bagi warga Desa Air Saga dan Desa Batu Itam, karena warga disini memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.


Sewaktu kecil saya sering mandi air laut di muara Sungai Kubu ini sewaktu Jeramba Kubu masih dalam bentuk lama, bukan bentuk yang sekarang. Saya sering menghabiskan waktu untuk memancing, berenang serta mencari kerang.

Sedikit mengenang masa lalu dan mendengarkan cerita dari orang-orang tua, bahwa dimasa lalu jauh sebelum saya lahir dan hingga saya menginjak remaja, Desa Air Saga pernah menjadi desa/ tempat yang sangat disegani serta ditakuti oleh desa/ kampong lain di Pulau Belitung ini. Sedikit banyaknya orang Belitung tahu Desa Air Saga! 

Deskripsi Photo:

  • Jembatan Kubu, oleh masyarakat Belitung disebut Jeramba Kubu. Jembatan yang membentang diatas Sungai Kubu, merupakan batas pemisah antara Desa Air Saga dengan Desa Batu Itam, Kecamatan Sijuk – Kabupaten Belitung; 
  • Pemandangan perahu boat nelayan dan Kapal Bagan sedang diparekir pada muara Sungai Kubu. Pemandangan tersebut saya abadikan diatas Jembatan Kubu beberapa hari sebelum penyelenggaraan Sail Wakatobi – Belitong 2011 yang dipusatkan di Pantai Tanjungkelayang, Kecamatan Sijuk.

Desa Air Saga © http://kodzan.blogspot.com

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs