Keyword spam ke Search Engine

Pernahkah kalian menemukan sebuah situs yang memiliki link yang sama dengan situs atau blog kita, namun pada saat link tersebut dibuka, justru yang muncul adalah sebuah situs yang berisi iklan Google atau afiliasi serta hal-hal yang tidak jelas lainnya?

Saat mengecek indexing blog saya di intenet (dengan menggunakan Google search engine), saya menemukan link yang sama dengan link alamat url postingan saya, namun begitu link tersebut saya buka, saya dihadapkan pada situs yang berisi minim konten dan bahkan tanpa konten/ artikel sama sekali. Yang ada hanyalah iklan, program afiliasi semata!

Disini jelas sekali saya menemukan ada webmaster yang menggunakan cara-cara curang atau yang istilah dalam dunia SEO-nya adalah teknik Black Hat SEO!

Seseorang telah melancarkan sebentuk teknik curang yang kalau saya tidak salah adalah keywords spam, meskipun sejatinya menurut abcseo.com, keywords spam adalah ‘Keyword spam is the excessive repetition of keywords on a page. It is usually done using 'hidden' elements that are indexed by search engines but are not visible to users including Title, Meta, and Alt’, yang jika diterjemahkan bebas dalam bahasa kita kurang lebihnya: Keyword spam adalah pengulangan berlebihan keyword pada halaman. Hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan unsur-unsur ‘tersembunyi’ yang masih bisa diindeks oleh search engine tetapi tidak dapat dilihat oleh pengguna termasuk Judul, Meta, dan Alt.

Memang, biasanya keywords spam kerapkali digunakan pada seringnya pengulangan keywords pada sebuah halaman. Namun, cara tersebut – menurut saya – sudah semakin meluas, dan salah satu bentuk perluasannya adalah teknik keywords spam pada search engine.

Contohnya begini, link judul:

http://xxxxsite.blogspot.com/12/05/dasriliteza.html, nah di search engine kita akan menemukan situs dengan – misalnya – nama http://namasitus.com/blogging/dasriliteza.html; pada saat situs ini dibuka, yang muncul adalah iklan-iklan serta halaman tidak berkonten samasekali. Bukankah ini jelas sekali merupakan teknik black hat seo keywords spam pada search engine? Yang lebih mengerikan adalah ini sering dijumpai pada google search engine, dan tidak pernah saya temui pada Bing, Yahoo!, Baidu dan beberapa search engine lainnya yang pernah saya coba. Dan yang lebih membuat saya bergidik adalah, situs ini dengan gagahnya berpajangkan iklan Google AdSenese.

Ini adalah wajar, popularitas Google sebagai raja search engine memang sering digunakan oleh webmaster atau blogger aliran black hat melancarkan serangan keywords spam pada search engine tersebut. Alhasil, ulah mereka-mereka ini seringkali membuat kita geram, frustasi dsb dan yang pasti membuat internet (baca: search engine) menjadi tidak nyaman. Padahal, internet bukan milik seorang atau segelintir orang yang bertujuan mendapatkan klik atas iklan situs spamnya; internet adalah milik bersama dimana setiap detik menitnya ada jutaan manusia yang mencari-cari informasi yang relevan dengan keywords yang diinput.

Terkadang, ada keinginan saya untuk membalas ulah webmaster-spammer ini dengan cara saya sendiri, namun sampai saat ini niatan tersebut urung saya lakukan. Mungkin akan lebh bijaksana kalau saya meyerahkan ini semua pada search engine popular (seperti Google.com) dalam menindak situs spam ini.

Pelaporan Spam

Namun, jika memang kita hendak melaporkan perilaku spam ini, tentu saja kita bisa melakukannya. Google, Yahoo! dan Bing, memiliki halaman web yang memungkinkan kita melakukan saat perilaku spammer tersebut merugikan kita:
  • Google: http://www.google.com/contact/spamreport.html, disini anda akan diajak login dulu ke Google webmaster tool untuk menggunakan layanan spam report tersebut. 
  • Yahoo!: http://add.yahoo.com/fast/help/us/ysearch/cgi_reportsearchspam 
  • Bing: http://www.bing.com/community/webmaster/f/12248/t/647709.aspx atau anda bisa langsung loncat ke link ini: https://support.discoverbing.com/eform.aspx?productKey=bingcontentremoval&ct=eformts&st=1&wfxredirect=1
Sebenarnya masih ada banyak cara lainnya jika memang kita hendak membalas, namun tentang tata caranya sikit yang saya ketahui. Mungkin dengan eksplorasi sendiri di internet, anda akan menemukan banyak sekali cara-cara ampuh untuk antisipasi atau melancarkan serangan balasan pada webmaster atau blogger yang melakukan keywords spamming situs atau blog anda ke search engine. Mungkin memang tidak baik rasanya kalau membalas kejahatan dengan kejahatan, namun saya pikir ini dikembalikan pada anda semua untuk menyikapinya dan mengambil jalan keluarnya!

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker