Batu Satam Belitung masih tetap dicari

Dasril Iteza - Sejatinya, saya memiliki sebiji Batu Satam asli. Besarnya hanya sekitar kuku orang dewasa. Empat hari yang lalu saya mendapatkan kiriman sms dari seorang teman yang menanyakan apakah ada orang yang menjual Batu Satam. Saya menjawabnya dengan mengatakan saya juga memiliki sebutir Batu Satam yang asli. Teman tersebut menanyakan apakah Batu Satam milik saya ini dijual apa tidak? Asal harga cocok, saya tidak keberatan melepasnya!

Sayangnya, harga yang disodorkan kawan tersebut jauh dari bayangan kecocokan. Sebenarnya saya bukan hendak menjualnya dengan harga “selangit”. Namun faktanya ada Batu Satam yang dijual memang bisa tembus harga selangit, yaitu 1M!

Siapa pun harus maklum akan hal ini karena tidak mudah untuk mendapatkan Batu jenis ini. Hanya mereka yang beruntunglah yang bisa mendapatkan Batu Satam. Batu Satam ini biasanya sering ditemukan oleh mereka yang beruntung pada kawasan penambangan timah di Pulau Belitung. Dengan kata lain batu jenis ini selain unik, tapi juga merupakan barang langka, jadi wajar saja batu jenis ini bisa menembus harga seperti diatas.

Salah satu hal yang sudah lama berkembang di Pulau Belitung, bahwasanya kebanyakan masyarakat Belitung memercayai bahwa Batu Satam ini memiliki kekuatan supranatural, sebentuk kekuatan misterius sebagai penangkal kekuatan jahat (penangkal Ilmu Hitam, semisal santet dkk).

Disamping itu, Batu Satam banyak dijadikan sebagai perhiasan, seperti untuk batu cincin, buah kalung, bross dsb, meski banyak juga yang menyimpannya bulat-bulat (tidak menjadikannya sebagai perhiasan). Misalnya disimpan dalam kamar, tas, atau dompet saku.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker