Perang Hopo 1911 di Belitung (Perang antar etnis Tionghoa)

Dasril Iteza - Tidak banyak yang mengetahui tentang adanya perang ini di Belitung. Suatu perang saudara etnis Tionghoa di Belitung, pecah pada tahun 1911. Saya memang pernah mendengar akan hal ini terutama dari tokoh-tokoh tua mayarakat Belitong. Namun informasinya minim sekali. Mencari di internet pun, nihil. Tidak satu pun informasi tentang hal ini saya dapatkan!

Yang saya tahu bahwa di Pulau Belitung pernah terjadi perang saudara etnis Tionghoa, oleh masyarakat Belitung menyebutnya: “Perang Hopo”, hingga pada akhirnya saya mengetahui tambahan informasi tentang Perang Hopo ini dari buku yang ditulis oleh J.C Mollema, De Ontwikkeling vanhet Billiton en van de Billiton Maatschappy.

Bahwasanya, pada tahun 1911 timbul kerusuhan/ perkelahian dari dua suku etnis Tionghoa di Belitung. Suku-suku tersebut ialah:
  • Suku Kehs; dan
  • Suku Hopho’s
Sayangnya, Mollema tidak memberikan penjelasan lebih detail tentang Perang Hopo ini, seperti, suku mana yang memenangkan peperangan, apa yang memicu peperangan serta di daerah mananya di Belitung ini kedua suku ini saling baku hantam.

Perlu diketahui, pada masa itu memang terdapat banyak sekali etnis Tionghoa. Hal ini memang sengaja didatangkan Belanda untuk dijadikan pekerja tambang timah namun dengan upah murah.

Setidaknya, Perang Hopo ini pernah menjadi bagian panjang Sejarah Belitung yang berkaitan dengan timah. Bahwasanya, Pulau Belitung tidak akan pernah bisa dipisahkan dari Timah, Belanda dan Tionghoa, terukir mulai dari ratusan tahun silam hingga detik sekarang ini!

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker