Masihkah manual ping dilakukan?

Yang mendasari para blogger melakukan manual ping adalah ingin agar update blognya bisa terindeks sedemikian cepat pada mesin pencari.

Saya yakin anda semua sudah mengetahui apa itu makhluk yang bernama PING? Ya, ping merupakan salah satu cara untuk memberi tanda kepada search engine kalau pada blog kita terdapat update, baik posting artikel, link, ataupun pergantian widget dan themes dan lain sebagainya. Melakukan ping atau ngeping itu sangat mudah, tinggal buka penyedia layanan ping, lalu masukan title blog Anda, lalu masukkan url blog dan chapta kemudian ok, dengan sendirinya blog anda akan segera dikunjungi robot, alias crawl oleh search engine.

Khusus pada Google, saya rasa kita tidak perlu melakukan ping tersebut. Mengapa? Saya mengamati, bahwa kemampuan crawler, robot atau indexing kepunyaan Google sekarang sudah sangat mumpuni. Artinya, tanpa melakukan ping manual Google pun (blogsearch.google.com/ping), hanya dalam sepersekian detik update artikel blog kita bisa terindeks pada google. Hebat, bukan? Anda bisa membuktikannya nanti!


Hal diatas saya ketahui, dimana saat saya meng-update atrikel terbaru untuk blog Dasril Iteza, saya langsung melakukan eksperimen pada Google Search engine, hasilnya cukup membuat saya tersenyum bangga dan puas. Saat saya memasukkan beberapa varian keywords, blog saya masuk pada 10 besar halaman hasil pencarian (SERP) Google dan terkadang berada di urutan nomor satu dari halaman hasil pencarian Google, padahal tanpa melakukan aktivitas pinging sama sekali.

Lantas kembali pada pertannyaan sebagaimana judul diatas, masihkah manual ping dilakukan? Perlu digaris bawahi, mesin pencari bukan Cuma Google. Masih ada Bing dan Yahoo. Jika kita mengupayakan agar blog kita bisa tampil pada mesin pencari selain Google, mungkin saja pinging masih diperlukan, karena untuk kecepatan indexing Bing.com dan Yahoo serta mesin pencari lainnya tidak pernah diketahui.

Manual ping sebenarnya bukan hal yang wajib, ini hanya bergantung pada kemauan blogger-blogger untuk berbuat apa pada blognya. Apakah membiarkan mesin pencari mengindeks blognya secara apa adanya, atau lewat upaya “paksaan” dengan pinging sana sini. Perlu dan tidaknya melakukan pinging dikembalikan pada empunya masing-masing blogger.

Jadi bagaimana menurut kalian semua? Ada ide? Silakan tuangkan saja pada kolom komentar dibawah!

-------------------------------------------------------------------------------------



1 comments :

Anonymous Wednesday, May 30, 2018 at 11:21:00 AM GMT+7  

It's amazing in support of me to have a web page, which is beneficial in support of
my knowledge. thanks admin

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker