Nigerian Scam: Penipuan lewat email yang tidak ada matinya

Seringkali saat memeriksa inbox pada email, kita menemukan email yang berisi kurang lebih tawaran pencairan dana dan sebagainya. Dana tersebut dengan iming-iming akan diberikan kepada kita dengan melewati beberapa proses.

Di dunia maya atau internet, peristiwa ini sudah sering terjadi dengan menggunakan berbagai trik. Salah satu yang terkenal adalah dengan apa yang dikenal dengan nama Nigerian Scam. Dikatakan demikian karena pada sekitar tahun 1980an, surat-surat penipuan seperti ini berasal dari Nigeria ketika ekonomi di negara tersebut mengalami penurunan. Beberapa mahasiswa di negeri tersebut awalnya mengirimkan surat ini melalui surat pos, faksimili, dan ada juga yang menggunakan telex.

Sejak adanya internet yang mempermurah biaya serta mempermudah penyebaran informasi, cara dan media pengiriman pun mulai berganti menggunakan e-mail. Pada tahun 2000an, trik Nigerian Scam tidak lagi terbatas dari negara lahirnya yaitu Nigeria, akan tetapi sudah menyebar sampai negara-negara di benua Afrika lain dan Eropa Timur. Saat ini, jenis penipuan melalui e-mail ini bahkan sudah ditiru di berbagai banyak negara. Bahkan konten e-mail yang muncul juga semakin bervariasi, antara lain berisi tawaran warisan yang tidak bisa diproses karena kekurangan dana untuk proses hukum, orang kaya yang kebingungan menanamkan dana di luar negeri, memenangkan undian atau lotere, dan masih banyak lagi. Email yang pernah saya terima sebagai wujud dari Nigerian Scam adalah saya mendapatkan 20% dari dana sebesar $3,500.000.00. berapa dollar nantinya yang akan saya dapat, hanya tinggal mengkalkulasikannya saja. Luar biasa sekali tawaran komisi kerjasama tersebut.

Diketahui Sudah banyak korban di luar negeri yang berjatuhan karena berusaha memenuhi tawaran e-mail sejenis Nigerian Scam. Bagaimana di Indonesia, mungkin sudah banyak yang sudah tertipu. Saya pernah browsing dan menemukan salah satu artikel, bahwa Nigerian Scam kini telah hadir dalam versi bahasa Indonesia. Ini bisa juga saya artikan bahwa orang Indonesia telah menjadi pemain Nigerian Scam.

Berikut ini adalah contoh email Nigerian Scam yang saya terima bebera hari yang lalu dari seseorang yang mengaku bernama Mr. JOSEPH KUMA dan sebenarnya email berjenis ini telah puluhan kali saya terima sehingga ada kesan jengkel juga malahan:

From Mr Joseph Kuma.

Greetings and best regard.

I am Mr. Joseph Kuma a 41 years old, from Cote D'Ivoire. I am the foreign payment consolidation manager of a commercial Bank in Cote D'Ivoire. I find your contact in a business directory and I decide to contact you immediately for friendship and business of mutual benefit for you and me.

My branch made excess profit of $'3,500.000.00 during the last fiscal year, which I placed in a secured Account as a bonded fund in our bank since I have already submitted 2009 approved end of the year report to our head office.

In essence, I need your trust to stand as the original depositor of this fund, so that the fund will be transferred to your company or private account immediately.

I will use my position to influence this project in other to expedite the transfer by our bank head office to your foreign bank account. I intend to part with 20% of this fund to you as gratification while 80% shall be for me.

This transaction is purely legal and practically no risks involve, it will be a bank-to-bank transfer.

I await your positive reply for more detail.

I end here with much love and also with much respect to you.

Best Regards
Mr Joseph Kuma.

Lantas bagaimana langkah-langkah antisipasinya?

Intinya kita semua jangan sampai terjebak dengan e-mail diatas atau bentuk lain yang sejenis ini karena biasanya janji-janji melalui e-mail tersebut dikemas dalam bentuk tawaran transaksi keuangan yang menggiurkan. Mungkin beberapa poin dibawah ini bisa dijadikan rujukan dalam mengantisipasi email Nigerian Scam tersebut.

Yang pertama, jangan membuat kesepakatan transaksi keuangan dengan orang yang tidak Anda kenal. Seringkali perkenalan melalui email, situs pertemanan, atau chating membuat Anda merasa sudah mengenal dekat meskipun belum bertemu secara fisik. Kedekatan tersebut tidak cukup menjamin amannya transaksi yang Anda lakukan.

Kedua, pastikan selalu meminta dan melihat keaslian dokumen yang mendukung transaksi tersebut. Tanpa adanya dokumen yang sah, sebaiknya jangan melakukan transaksi keuangan terlebih dahulu. Pastikan semua dokuman sudah tersedia sebelum dana dikirim ke orang yang dimaksudkan.

Ketiga, pastikan latar belakang orang yang memberikan penawaran bisnis melalui e-mail tersebut.

Keempat, tanyakan kepada diri sendiri kemungkinan dana tersebut kembali dan kemungkinan terburuk yang Anda bisa terima. Sedangkan yang kelima, jangan pernah membayarkan uang sepeserpun untuk dana awal layanan untuk pengurusan dokumen, pajak, dan lain sebagainya.

Kelima, jangan pernah mau ditekan untuk cepat-cepat membuat keputusan transaksi keuangan atau pengiriman sejumlah dana. Kecurigaan perlu Anda pertebal ketika seseorang meminta Anda melakukan transaksi secepatnya karena ancaman atau bujukan akan tidak adanya lagi kesempatan di masa mendatang.

Jika Anda memang ingin memberikan respon kepada pengirim e-mail, pastikan resiko keuangan yang ditimbulkan akan kecil. Namun, seringkali bayangan sejumlah dana kejutan dari tawaran tersebut perlu dihilangkan dari benak Anda daripada menyesal di kemudian hari karena kehilangan dana yang tidak sedikit.

Harapannya mudah-mudahan kita semua tidak terjebak dengan tawaran menggiurkan seperti bunyi email diatas.

Catatan:
Beberapa pemikiran dalam melengkapi artikel ini saya ambil dari http://blogridwan.sanjaya.org

-------------------------------------------------------------------------------------



3 comments :

Anonymous Sunday, April 20, 2014 at 5:50:00 AM GMT+7  

Ada yang mengenal nomer handphone dan nomer rekening bank ini..?
+62 82180105143

Bank: CIMB
Name: Eva Syilviana
Acct number: 675 010 1187 12 0

Hati hati , hal ini identitas dari scammer, yang terlibat dan sudah berada di Indonesia.

Net Auto New & Used Car Showroom Saturday, November 7, 2015 at 1:41:00 AM GMT+7  

Hati-hati Nigerian scam sudah buka ‘kantor cabang’ di negeri jiran malaysia,adapun e-mailnya adlh sbb:

From: Wati Rahi [mailto:wati_rahi001@hotmail.com]
Sent: Tuesday, November 3, 2015 12:02 PM
Subject: [SPAM]- attention

Salaam

My Name is Wati Rahi, a financial consultant with a leading
firm here in Malaysia.I have been assigned by anonymous high profile
official of the ruling party here to seek your humble assistance in
the transfer/safe keeping of $62 Million Dollars amidst the current
tension here to avoid further aggravation.
For your assistance,you will be entitled to 30% of the said sum as long as you can assure us of
it’s safety/secrecy pending when it is needed.

I await your urgent response of acceptance in the above regards.

Regards,

Wati Rahi.

Dasril Iteza Friday, November 13, 2015 at 4:15:00 PM GMT+7  

terhadap semua jenis penipuan, kita memang harus selalu waspada dan hati-hati

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs