Pemandian Dayang Seri Pinai Belitung

Blogger Belitung - Pemandian Dayang Seri Pinai merupakan kolam renang yang terletak di Kota Tanjungpandan tepatnya dibelakang Museum Pemda Belitung (Museum Geologi) dan bertetangga dengan Eks. Rumah Tuan Kuase serta tidak jauh dari Objek Wisata Pantai Tanjungpendam (sekitar 200an meter). Pemandian Dayang Seri Pinai ini merupakan kolam renang buatan yang terdiri dari kolam dewasa dan anak-anak. Pemandian ini sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga dan untuk olahraga bagi yang menyukai olahraga renang karena dekat atau terletak dengan Pusat Kota Tanjungpandan.


Pemerintah Kabupaten Belitung dibawah naungan Dinas Kebudayaan dan Parwisata Kabupaten Belitung mulai resmi mengelola Pemandian Dayang Seri Pinai terhitung sejak tanggal 29 April 2013 menurut Surat Keputusan Bupati Belitung Nomor ; 188.45/222/KEP/DPPKAD/2013 Tentang Penetapan Status Penggunaan Tanah dan Bangunan Gedung Sarana Olahraga Milik Pemerintah Kabupaten Belitung Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung.

Saat saya masih duduk di bangku SMP, saya sering main-main ke lokasi ini, namun pada waktu itu kolam renang ini sempat tidak berfungsi dan tidak terurus dengan alasan yang tidak saya mengerti. Waktu itu saya sering memancing beberapa jenis ikan air tawar di “kolam renang” ini. Dayang Seri Pinai sendiri diambil dari nama legenda yang berasal dari Dusun Bantan Kecik Desa Kembiri Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.

Pemandian Dayang Seri Pinai saat ini sementara dikelola dibawah Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Tanjung Kelayang. Dengan fasilitas 2 kolam renang, yang masing-masing berukuran 12 x 25 meter dengan kedalaman 1,5 – 2,5 meter diperuntukan bagi mereka yang telah mahir berenang, sedangkan kolam kedua diperuntukan bagi anak-anak dibawah umur, karena kolam ini hanya memiliki diameter 5 meter dengan kedalaman 70 cm.


Saat ini Pemandian Dayang Seri Pinai sedang giat-giat berbenah salah satunya dengan penambahan alat berupa water treatment sebanyak 4 set. Dimasa yang akan datang diharapkan pemandian Dayang Seri Pinai nantinya bisa menjadi alternatif wisata keluarga maupun wisata olahraga.

Mungkin saat anda berkunjung ke Belitung, bolehlah kiranya untuk “menjajagi” Kolam Renang Pemandian Dayang Seri Pinai ini. Untuk menikmati fasilitas renang ini, cukup membayar tiket Rp. 7.000,- (per 22 April 2018).

Foto : (c) Dasril Iteza

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

Anonymous Monday, April 30, 2018 at 3:02:00 PM GMT+7  

Awesome article.

Anonymous Friday, May 4, 2018 at 6:42:00 PM GMT+7  

This piece of writing offers clear idea in favor of
the new viewers of blogging, that genuinely how to do blogging.

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker