Rumah Panggong adalah Rumah Adat Belitung

Setiap daerah pasti memiliki ciri khas. Entah itu makanan, minuman, baju adat, rumah adat atau lain sebagainya yang merupakan ciri dari kekhususan daerah itu sendiri. Bagaimana dengan Belitung? Ada banyak hal ciri khas tentang Pulau ini, misalnya makanan khasnya yang disebut Gangan dan Belitung Juga memiliki rumah adat yang disebut Rumah Adat Belitung. Lantas, apa nama Rumah Adat Belitung dan Seperti apakah arsitektur khas Rumah Adat Belitung ini?


Rumah Adat Belitung bernama Rumah Panggong, adalah rekonstruksi kreativitas arsitektur Belitung yang kental dengan aliran atau ciri khas Melayu.

Memang rumah ini adalah bagunan baru, karena sekian banyak rumah adat Belitung nyaris sudah tidak bisa ditemukan lagi. Akan tetapi dengan dibangunnya bangunan Rumah Adat Belitong ini, semua orang bisa mengahui seperti apa sebenarnya bentuk atau Arsitektur Rumah Adat Belitong ini. Anda bisa melihat beberapa photo bidikan saya dibawah ini yang memvisualkan gambar Rumah Adat Belitung.


Berupa rumah panggung terbuat dari kayu, tetapi menggunakan arsitektur gaya lama. Di dalam rumah terdapat beberapa artefak seni dan kebudayaan masyarakat Belitung, seperti pakaian adat dan perangkat tradisional upacara perkawinan.

Lokasi Rumah Adat Belitung terletak di sebelah rumah dinas Bupati Belitung di daerah Air Ketekok Jalan Jenderal A. Yani di pusat Kota Tanjungpandan. Di tempat ini sering pula diadakan upacara adat budaya Melayu setempat dan pertunjukan kesenian seperti: beripat dan tari-tarian daerah.

Rumah Adat Belitong - diresmikan oleh Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein - yang disebut juga Rumah Panggong, bertepatan dengan hari jadi Kota Tanjungpandan ke-171, 30 Juni 2009 yang lalu!

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs