Rumah Kapiten Phang Tjong Toen: Benda Cagar Budaya Belitung

Ada cukup banyak bangunan-bangunan bersejarah atau Benda Cagar Budaya di Pulau Belitung. Hal ini sebenarnya bisa menjadikan nilai plus buat anda yang ingin menikmati Pulau Belitung, disamping menikmai alam panorama pantai-pantai berpasir putih yang dipagari oleh bebatuan granit raksasa.

Satu demi satu akan saya coba untuk mengajak anda menjelajahi benda-benda cagar budaya atau bangunan bersejarah yang ada di Belitung, dimana beberapa Benda Cagar Budaya atau bangunan bersejarh tersebut pernah memiliki peranan penting pada puluhan atau ratusan tahun silam di Negeri Laskar Pelangi ini.


Kita mulai saja dengan sebuah bangunan bersejarah yang dinamai Rumah Kapiten Phang Tjong Toen. Bangunan bersejarah atau Benda Cagar Budaya ini merupakan bangunan yang tidak berubah, artinya sejak dahulu memang begitulah bentuk adanya. Jika ditarik pada tahun 2011 ini, maka Rumah Kapiten Phang Tjong Toen telah berusia 143 tahun atau nyaris berusia satu setengah abad! Usia yang sudah ‘cukup’ tua, bukan?

Phang Tjong Toen adalah juru tulis tambang sejak John F. Loudon mulai membuka pertambangan timah di Belitung pada tahun 1853. Dibangun pada tahun 1868; disebut sebagai Rumah Kapiten dikarenakan sejatinya fungsi asli rumah ini adalah Rumah Kapiten. Kini rumah ini masih utuh dan terawat. Kalian bisa melihatnya dalam jepretan photo yang saya ambil tadi siang (16 Mei 2011)!


Yang bisa saya lihat tadi siang; Bangunan Bersejarah Rumah Kapiten Phang Tjong Toen ini memang masih utuh. Meskipun bukan milik pemerintah, namun tetap dirawat oleh keturunanya bernama Ny. Ester Lena.

Karena termasuk benda cagar budaya; Rumah Kapiten Phang Tjong Toen pun Dilindungi oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1992 Tentang Benda Cagar Budaya.

Meski demikian, jujur harus saya akui bahwa penulusaran yang saya lakukan ini bisa dibilang masih kurang sempurna karena saya belum bisa masuk kedalam bangunan bersejarah ini untuk melihat-lihat dan mengabadikan keadaan dalam ruangan dalam bentuk photo atau mungkin saja dengan video dikarenakan waktu saya yang sempit!

Mungkin pada kesempatan yang akan datang saya akan mencoba untuk menemui keturunan Phang Tjong Toen, Ny. Ester Lena untuk sedikit berbincang dan meminta izin untuk mengabadikan beberapa momen dalam bangunan Benda Cagar Budaya Rumah Kapiten Phang Tjong Toen ini.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker