Tanjung Kubu, Sungai Kubu dan Desa Air Saga

Menurut legenda masyarakat setempat, Tanjung Kubu berasal dari kata Kubu atau Benteng Pertahanan, yang berfungsi sebagai tempat berlindung para penduduk sekitar jika ada Lanun atau perompak gerombolan bajak laut yang sering menuju muara sungai, karena kondisi perairan Belitung pada masa itu sering disinggahi dan bahkan didiami oleh bajak laut.


Tanjung Kubu merupakan semenanjung yang juga bisa disebut pantai yang berada di Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung dan berjarak sekitar 4 kilometer dari Pantai Wisata Tanjungpendam. Tanjung Kubu juga merupakan muara dari aliran Sungai Kubu. Terdapat Jembatan penyeberangan ke arah Kecamatan Sijuk di atas muara Sungai Kubu yang langsung menghadap ke arah lepas pantai. Oleh masyarakat Belitung, jembatan ini bernama Jembatan Kubu.


Perlu diketahui, Jembatan Kubu ini merupakan pembatas antara Kecamatan Tanjungpandan dengan Kecamatan Sijuk; dimana Desa Air Saga merupakan desa paling ujung dan diseberang Jembatan Kubu terletak sebentuk desa yang bernama Desa Batu Itam, merupakan desa awal dari Kecamatan Sijuk!

Terdapat cukup banyak perahu-perahu nelayan yang ditambatkan di tepian muara sungai yang landai dan mempunyai pohon-pohon bakau yang tersusun rapi secara alami.

Sedikit bercerita tentang masa kecil, Desa Air Saga adalah desa kelahiran saya. Semasa kecil saya sering mandi air laut di muara Sungai Kubu ini sewaktu jembatan kubu masih dalam bentuk lama, bukan bentuk yang sekarang. Saya sering menghabiskan waktu untuk memancing, berenang, mencari kerang atau hanya sekedar menghabiskan waktu bersama teman-teman untuk menikmati udara laut di Tanjung Kubu Desa Air Saga!


Di muara pantai ini juga cocok untuk memancing dan dari pinggir jembatan merupakan momen yang sangat pas untuk menyaksikan dan mengabadikan sunset tatkala sang surya hendak kembali keperaduannya.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs