Batu Satam Belitung

Dasril Iteza - Batu Satam merupakan batu meteorit yang hanya bisa ditemukan di kawasan pertambanan timah di Pulau Belitung, banyak yang ingin mendapatkannya, namun hanya orang-orang beruntung sajalah yang bisa mendapatkannya.

Batu Satam pun adalah kriteria batu langka, unik, hanya bisa ditemukan tapi tidak bisa dicari. Pencarian dengan sengaja saat mendatangi kawasan pertambangan timah hanya berakhir dengan kesia-siaan belaka. Batu Satam biasanya hanya bisa didapatkan oleh mereka yang bekerja di penambangan timah tersebut. Karena asalnya adalah batu meteor dari luar angkasa, dan sebagai penanda bahwa batu ini hanya ada di Belitong, Batu Satam ini memiliki nama lain yaitu Billitonite.

Tidak sedikit masyarakat Belitung yang memercayai bawah Batu Satam ini memiliki kekuatan supranatural, sebentuk kekuatan yang bisa menangkal kekuatan sihir hitam jahat seperti santet dkk.


Singkat kata singkat cerita, pun saya memiliki batu satam. Berukuran tidak begitu besar dan bulat, hanya sebesar kurang lebih selebar kuku telunjuk dan agak pipih.

Tampilan batu satam ini adalah seperti raut “wajah mahluk” yang sedang memejamkan mata lengkap dengan “mulutnya”. Saya pikir ini adalah salah satu keunikan ukiran alami khas batu satam.

2013 © Dasril Iteza

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

Sehat Alami Friday, March 21, 2014 at 11:28:00 AM GMT+7  

Batu satam itu seperti batu meteorid ya? saya sering lihat orang pakai sebagai batu cincin

Dasril Iteza Sunday, March 23, 2014 at 9:19:00 AM GMT+7  

@Sehat Alami ....

bukan seperti batu meteorit, tetapi memang meteorit sejati!

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker