Belitung : Destinasi Wisata Dunia

Dasril Iteza - Ada banyak tempat di dunia ini, sebagai negara kepulauan terbesar, Indonesia memiliki kekayaan keindahan alam serta potensi yang sangat luar biasa, salah satu dari sekian banyak dari keindahan alam dan potensi tersebut berada di Pulau Belitung, tempat dimana anda berwisata dan menghabiskan waktu liburan dari hiruk pikuk kota dan kebisingan aktivitas kerja. Simak ulasanya mengapa Belitung layak untuk menjadi destinasi wisata dunia.


Dikutip dari okezone.com "Belitung menjadi destinasi wisata baru, terbukti tahun 2013 lalu sudah ada 130 ribu wisatawan yang datang. Kami akan terus meningkatkan kunjungan wisawatan lokal dan mancanegara," jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Jasagung Hariyadi di Senayan City, Jakarta, Agustus kemarin.

Pulau Belitung adalah sebuah pulau penghasil timah bersama-sama dengan Pulau Bangka, dengan Pulau Bangka jugalah Pulau Belitung bergabung menjadi sebuah provinsi bernama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari sekian banyak pulau besar dan kecil yang mengelilingi dua pulau utama tersebut. Khususnya Pulau Belitung, dimana pulau ini merupakan sebuah pulau yang kaya akan pantai. Banyak sekali pantai pantai yang indah di pulau ini yang menawarkan suguhan untuk liburan dan wisata anda.


Dengan satu kali penerbangan singkat kurang lebih 50 menit dari Jakarta, anda semua akan sampai di Belitung.

Tidak cuma kaya akan pesona pantai-pantainya yang indah nan unik, pulau Belitung juga kaya akan budaya, serta benda-benda peninggalan bersejarah sekaligus benda cagar budaya yang masih bisa anda temukan saat anda berkunjung ke pulau ini. Misalnya anda bisa melihat warisan sejarah dan budaya Kerajaan Badau di Kecamatan Badau, beberapa peninggalan Kerajaan Badau berupa senjata yang berasal dari Kerajaan Majapahit bisa anda jumpai di Museum Badau. Anda bisa melihat budaya tradisi “Buang Jong” yang merupakan budaya ritual adat Suku Sawang yang berdomisili di Desa Selinsing, Kecamatan Gantung.


Jika anda memiliki niat untuk berwisata ke Pulau Belitung, sebelum anda memutuskan untuk berangkat, terlebih dahulu galilah informasi sebanyak-banyaknya tentang Belitung. Anda tidak perlu khawatir, banyak sekali situs internet yang memberikan informasi seputar pulau Belitung, termasuk juga Blog Dasril Iteza ini, secara periodik tetap akan menyajikan informasi yang bermanfaat bagi anda semua yang haus akan informasi tentang Pulau Belitung (Belitong)!

Pulau Belitung terbagi dalam dua kabupaten yaitu Kabupaten Belitung yang beribukota di Tanjungpandan (Bandara H.AS Hanandjoeddin berada di kota ini) dan Kabupaten Belitung Timur yang beribukota di Manggar (di kota Manggar tidak/ belum ada airport… mungkin suatu saat nanti). Meskipun begitu akses menuju kota Tanjungpandan maupun Manggar serta kota-kota sekitarnya sangatlah mudah, hal ini dibuktikan dari sarana dan prasarana yang memadai untuk menghubungkan kedua kota utama Pulau Belitung ini. Di Kabupaten Belitung anda bisa menemukan banyak pantai, yang paling terkenal adalah Pantai Tanjungkelayang, Pantai Tanjungtinggi, Pantai Tanjungpendam dan masih banyak lagi.

Sebagai tambahan jika anda berkunjung ke Kabupaten Belitung anda bisa melihat-lihat beberapa sisa peninggalan Kerajaan Majapahit yang ada di Museum Badau. Menuju ke Kabupaten Belitung Timur, dikawasan ini anda bisa melihat pantai utamanya seperti Pantai Lalang (atau Pantai Nyiur Melambai), Pantai Burung Mandi serta Bukit Batu. Beberapa nama pantai di atas telah saya postingkan beberapa waktu yang lalu secara tersendiri dan anda bisa membacanya saat mengeksplore blog ini.


Selain itu, ada suatu pulau kecil yang bernama Pulau Lengkuas. Dapat dikatakan, ini adalah ikon Belitung, sehingga banyak yang berujar, tidak sempurna datang ke Belitung kalau tidak ke Pulau Lengkuas! Saya berani berargumen, yang membuat Belitung menjadi destinasi wisata dunia adalah Pulau Lengkuas ini beserta pulau-pulau kecil disekitarnya seperti Pulau Kepayang, Pulau Pasir, Pulau Batu Belayar dlsb.

Masih banyak yang bisa anda nikmati dan jelajahi di Belitong ini, apalagi bagi anda yang memiliki hobi photografi, Pulau Belitung tidak kalah dengan tempat-tempat yang sudah terlebih dahulu anda kunjungi dan menurut hemat saya rasanya akan terlampau panjang tulisan ini jika saya ingin menceritakan Pulau Belitung, yang bisa saya sampaikan adalah anda sendiri yang harus membuktikannya kemudian rangkaikanlah dengan kata-kata anda sendiri tentang keunikan dan keindahan pesona serta budaya Pulau Belitung yang unik.

Dengan mengunjungi Pulau Belitung anda bisa menemukan tempat yang pas untuk melepaskan diri dari aktivitas kerja anda. Tidak ada salahnya jika anda merencanakan untuk berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi ini, karena memang ada banyak hal yang mengharuskan mengapa anda-anda semua perlu berwisata ke Belitung.

Disamping daya tariknya lewat keindahan alamnya yang luar biasa indah, Belitung didukung lokasi strategis yang merupakan titik temu Jakarta dengan negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia. Keindahan yang dimiliki oleh Belitung, bahkan katanya lebih indah dari Maldives, sebuah negara buatan. Teguh Harapan, Direktur Operasional Belitung Highland Resort mengibaratkan bahwa Belitung ini seperti Maldives. Malah, banyak orang berkata Belitung masih jauh lebih indah dari negara buatan tersebut.


"Ternyata, banyak wisatawan yang sudah pernah ke Maldives, kemudian ke Belitung merasa justru Maldives tidak ada apa-apanya. Pesona keindahan Belitung tak terkalahkan," katanya sebagaimana dikutip Okezone.com bulan Mei lalu.

Bahkan, Belanda dengan tegas dan lantang mengatakan bahwa Belitung adalah Karibia dari Timur!

-------------------------------------------------------------------------------------



4 comments :

jaket kulit Friday, September 19, 2014 at 5:21:00 PM GMT+7  

salam hangat dari kami ijin informasinya dari kami pengrajin jaket kulit

Dasril Iteza Sunday, April 12, 2015 at 4:18:00 PM GMT+7  

@jaket kulit ....

nikmatilah pulau belitung, mungkin saja dengan kesini anda akan mendapatkan inspirasi untuk jaket kulit anda!

Salam Hangat Selalu dari #Belitung

Mita Diah Tuesday, October 27, 2015 at 11:18:00 AM GMT+7  

Bagus banget gan artikelnya ... tempat wisata indonesia

Dasril Iteza Thursday, October 29, 2015 at 12:22:00 AM GMT+7  


Akan jauh lebih bagus lagi @Mita Diah berkunjung langsung ke Belitung kami :)

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs