Gerhana Matahari Total di Belitung (Solar Eclipse Belitung) 2016

Dasril Iteza - Gerhana Matahari Total (GMT, Bhs. Inggris = Solar Eclipse) adalah jenis gerhana yang terjadi ketika bulan lewat diantara Bumi dan Matahari sehingga seluruh bola matahari tertutup sempurna oleh bola bulan. Jika sebagian, hanya tertutup sebagian saja, jika hibrid, tertutup di satu tempat secara total di tempat lain sebagian saat kejadiannya, sedangkan annular terjadi ketika matahari-bulan-bumi berada dalam satu garis, tetapi matahari terlihat seperti cincin bercahaya dari Bumi.


Belitung adalah salah satu dari sekian banyak tempat yang akan dilewati oleh gerhana matahari total yang menurut prediksi sains-nya akan jatuh pada hari Rabu, 9 Maret 2016. Pengamatan terbaik untuk menyaksikan fenomena alam GMT yang mungkin saja hanya akan kita temui sekali seumur hidup adalah di Belitung Timur, tepatnya di Bukit Samak A1, Pantai Serdang, Pantai Nyiur Melambai alias Pantai Lalang serta Pantai Mudong alias Pantai Ghina.


Nah, jika Rabu 9 Maret nanti cuaca baik dan pandangan tidak terhalang, maka fenomena GMT 2016 dapat dinikmati oleh semua.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs