Kapal Tsunami Lampulo Aceh penyelamat 59 Jiwa

Dasril Iteza - Kapal di Atas Rumah Lampulo Aceh - Membaca tulisan pada plakat yang ada dibawahnya - Kapal Tsunami Lampulo atau banyak juga yang menyebutnya Kapal Diatas Rumah Lampulo – mengisahkan dahsyat dan menggerikannya bencana Tsunami Aceh 2004 silam.


Plakat dengan judul Kapal Tsunami Lampulo yang ditulis dalam tiga bahasa, yaitu Bahasa Aceh, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, dirancang oleh tim Bustanussalatin dan bantuan Recovery Aceh-Nias Trust Fund BRR dan Penataan Situs Tsunami Kapal Diatas Rumah Lampulo di Prakarsai oleh Kementerian ESDM Badan Geologi.


Secara pribadi, tatkala berkunjung kesitus ini, (baca juga tulisan saya sebelumnya Aceh Tsunami Museum), tentu ada kesan pilu dalam hati ketika mengenang banyak saudara se-Bangsa Indonesia yang meninggal dalam tragedi tsunami tersebut.

Keunikan Kapal Tsunami Lampulo Aceh atau Kapal Diatas Rumah Lampulo ini adalah sebagai penyelamat 59 jiwa dalam tragedi memilukan tersebut. Bencana Tsunami Aceh pada tanggal 26 Desember 2004 silam membawa kapal seberat 20 ton ini tersangkut di atas rumah penduduk di kawasan Gampong Lampulo. Kapal dengan panjang kurang lebih 25 meter dan lebar 5,5 meter ini terbuat dari kayu.


Kapal ini merupakan salah satu dari dari kapal-kapal yang terdampar sampai kedaratan pada saat terjadi bencana alam Tsunami 2004 silam. Sampai saat ini keberadaan kapal ini tetap dipertahankan sebagai obyek wisata untuk mengenang akan peristiwa Tsunami tersebut, dan dijadikan salah satu situs untuk Peringatan Tsunami.

2017 © Dasril Iteza

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs