Ikan Sembilang : Patil Racun dan Kandungan Gizi

Dasril Iteza - Banyak orang yang tidak tahu menahu tentang ikan sembilang. Benar, karena ikan ini susah dicari para nelayan. Ikan sembilang disebut pemalu, ia akan bersembunyi ketika nelayan datang. Juga salah satu ikan beracun yang berbahaya. Racun/Bisa pada Ikan Sembilang ada tiga (3) buah, yaitu pada bagian punggung dekat kepala dan pada bagian sirip kiri dan kanannya. Gejala yang timbul saat terkena racun adalah wajah menjadi pucat pasi, badan demam dan susah tidur. Bahkan beberapa orang sampai mengalami kejang-kejang. Meski demikian, racun ini hanya bertahan sampai 24 jam saja. Setelah itu korban akan normal sehat lagi.

Ikan Sembilang yang saya dapatkan dua malam lalu.
Beberapa orang salah mengira sebab struktur tubuhnya yang mirip dengan ikan lele. Bedanya ia memiliki 3 patil, yakni ada 1 di punggung dan 2 di sirip. Sehingga beberapa orang menyebut ikan sembilang sebagai ikan lele laut. Habitat ikan Sembilang ini dapat ditemui di muara sungai ataupun aliran sungai berair payau (campuran air tawar dan asin).

Sepanjang pengalaman saya memancing di sungai/ muara sering kali saya mendapatkan ikan sembilang dengan ukuran setengah kilo hingga diatas satu kiloan dan beberapa malam lalu saya kembali mancing dan mendapatkan strek ikan sembilang sebanyak 2 (dua) ekor. Lumayan buat konsumsi rumah tangga!

Sumber : Wikipedia
Menjelajah di internet ternyata saya banyak menemukan manfaat, kandungan nilai gizi pada ikan Sembilang ini. Salah satunya adalah ia kaya akan Protein Fosfor Asam Lemak Omega 3. Sedangkan nutrisi karbohidrat dan lemak yang rendah sangat cocok untuk anda yang dalam program diet. Namun banyak juga yang menyarankan untuk tidak mengonsumsi ikan sembilang bagi ibu yang sedang hamil, karena mengandung merkuri. Menurut penelitian, ibu hamil dilarang mengonsumsi makanan yang mengandung merkuri banyak. Hal ini disebabkan karena mempengaruhi tumbuh kembang si janin.

Meski demikian, jika ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi ikan sembilang, sebaliknya, ikan ini bisa membantu prosese kehamilan bagi yang sudah lama menikah namun belum dianugrahi keturunan, tidak salah untuk mencoba mengonsumsi makanan ini. Pasalnya menurut orang tua kebanyakan, ikan sembilang mampu menstimulus hormon yang mempercepat kehamilan. Namun menurut kebenaran melalui pengalaman beberapa orang dulu yang mencoba, ternyata hasilnya positif. Meskipun secara ilmiah belum mampu dibuktikan. Saya pikir tidak ada salahnya mencoba.

Itulah sedikit informasi tentang Ikan Sembilang yang memiliki racun/ bisa pada tiga buah patil-nya serta beberapa manfaat dan kandungan gizi yang terkandung dalam dagingnya.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs