Antropologi dan Beberapa Fase Perkembangannya

Antropologi berasal dari kata Yunani Anthropos yang berarti "manusia" atau "orang", dan logos yang berarti ilmu. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan atau keheranan ilmuan atau orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda (budaya primitive) dari apa yang ada di Eropa. 

Obyek Antropolgi itu sendiri adalah manusia namun dalam pengertian manusia sebagai individu, dan hal inilah yang membedakannya dengan Sosiologi yang oyeknya adalah manusia sebagai masyarakat namun umumnya tetap membahas tentang manusia.

Setiap ilmu pengetahuan, pastinya mengalami perkembangan. Demikian pula dengan ilmu Antropologi. Banyak pakar atau ahli dalam bidang ini mengelompokkan perkembangan Antropologi hingga kedalam beberapa fase. Namun disini kita mengelompokkan fase perkembangan Antropologi berdasarkan seorang Guru Besar negeri kita sendiri yaitu Prof. Koentjaraningrat. Beliau mengelompokkan fase Antropologi menjadi 4 (empat), dimana:

Fase pertama, yaitu kurang dari tahun 1800. diawali ketika orang-orang eropa mulai menjelajah benua asia, afrika dan amerika. Pada tahap ini dimulai cerita dan kisah yang disampaikan oleh para musafir, missionaries, pejabat-pejabat pemerintahan dan pelaut tentang kebudayaan masyarakat diluar Eropa. Kisah ini disebut etnograph. 

Fase kedua, sekitar pertengahan abad ke-19. fase ini dimulai dari keinginan menyatukan bahan-bahan etnograph menjadi keterangan etnograpi yang didasari oleh cara berpikir analogi masyarakat dari berpikir primitif sampai ke cara berpikir tertinggi. Fase ini ilmu etnograpi sudah menjadi ilmu antropologi walau masih bersifat akademikal. 

Fase ketiga, permulaan abad 20. fase ini ilmu etnograpi sudah menjadi cara praktis dengan tujuan untuk mempelajari masyarakat diluar untuk kepentingan colonial dalam rangka memantapkan proses kolonialisasi. 

Fase keempat, setelah tahun 1930. pada fase ini sudah mengalami perkembangan yang luas baik dalam bertambahnya bahan-bahan pengetahuan ataupun dalam metodenya. Pada fase ini antropologi sudah berdifat praktis dan akademik.

Apa Etnograpi itu? Yaitu berupa gambaran lukisan dan rumusan mengenai suku bangsa tertentu. Sedangkan ilmu yang mempelajarinya disebut Etnologi.

Dalam mengumpulkan data dalam ilmu Etnologi dikenal dengan 3 (tiga) metode, yaitu:

Metode pertama, yaitu Observasi Partisipan. Suatu metode yang digunakan untuk mendapatkan data-data obyektif tentang suatu suku bangsa dengan cara sipengamat terlibat langsung dengan obyek yang jadi pengamatannya (obyek penelitian) atau dengan kata lain menjadi bagian dari apa yang diamatinya itu. Namun metode ini memiliki kelemahan yaitu tidak adanya batasan waktu yang pasti. 

Metode kedua, yaitu interview. Yaitu metode wawancara Tanya jawab untuk mengumpulkan data-data. 

Metode ketiga, yaitu dokumentasi. Mendapatkan data-data dengan mengumpulkan poto-poto, tulisan-tulisan dari suku bangsa yang sedang diteliti atau diamati.

Dalam mendapatkan data, kajian etnograpi memiliki dua pendekatan. Pendekatan yang pertama yaitu penelitian dilakukan pada suatu tempat dan waktu tertentu dengan menggunakan Observasi Partisipan. Ini sesuai digunakan pada masyarakat yang sederhana. Sedangkan pendekatan yang kedua adalah Pendekatan Sinkronik dimana dalam pendekatan ini dilakukan untuk mengetahui dan mendalami obyek yang diteliti dengan cara melakukan penelitian yang berulang-ulang pada tempat yang sama dan waktu yang berbeda. Pendekatan ini cocok untuk dilakukan pada masyarakat perkotaan.

Tulisan saya diatas bersumber dari catatan pribadi sekolah saya sewaktu SMA dulu yang saya catat dalam sebuah buku sekolah. Tujuan saya menulis ini adalah untuk mengingat kembali akan pelajaran semasa SMA dulu dan juga mungkin sebagai bahan untuk membantu siswa-siswi SMA sekarang ini yang memiliki mata pelajaran Antropologi disekolahnya. Sedangkan umumnya adalah sebagai konsumsi pengetahuan untuk kita bersama.

-------------------------------------------------------------------------------------



1 comments :

edi jupiter Tuesday, December 11, 2012 at 5:27:00 AM GMT+7  

kalau bpk\ibu minat saya mempunyain uang kuno toko presiden pertama.dan kertas segel kosong tahun 80'81'82 - 93' tlp 081350033379

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua!

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *