Kenapa Lamaran AdSense Saya (Sering) Ditolak?

Dasril Iteza - Adsense adalah program periklanan dari Google, dimana iklan tersebut akan muncul dalam blog, website, direktori, forum dan lain sebagainya. Adsense sangat fenomenal, se-fenomenal dengan google itu sendiri sehingga banyak kalangan yang ingin blog ataupun situsnya “dipajangi” oleh Ads by Google! Dengan AdSense pulalah kita bisa mendapatkan uang dengan cara “pemalas”.

Hitung menghitung, kalau tidak salah kurang lebih 25 kali diterima oleh pihak Google AdSense “lamaran” saya ke Google AdSense ditolak walaupun pada akhirnya lamaran tersebut . Itu artinya saya telah 25 kali membuat blog dan email yang berbeda. Namun entah mengapa saya tidak jera dan memang Google AdSense sungguh sangat menggoda sekali.

Sedikit beranalisa, kenapa lamaran saya sering ditolak dan didukung dengan data-data yang tersurat sebagaimana yang ada dalam situs Google, kegagalan tersebut tidak lain mungkin karena: 

  • Nama blog atau situs atau domain tidak memiliki nilai jual. Solusinya anda harus memikirkan sendiri atau mencari tutorial tentang nama blog yang bisa memiliki nilai jual sehingga bisa diterima oleh Google AdSense.
  • Konten tidak sesuai dengan aturan AdSense sebagaimana yang dituangkan dalam kebijakan Google Policy. Solusinya baca kembali policy tersebut dengan seksama sebelum anda memutuskan content untuk mengisi ruang halaman blog anda.
  • Mungkin anda menggunkan bahasa yang tidak disupport oleh Google AdSense. Misalnya bahasa blog anda memakai bahasa Indonesia. Kalaupun nantinya diterima maka yang bisa didapatkan adalah “AdSense For Search” bukan “AdSense For Content”. Oleh karena itu, gunakanlah bahasa yang disupport oleh Google AdSense sebagaimana yang tertuang dalam Kebijakan Google AdSense.
  • Konten tidak memiliki keywords (kata kunci) yang menjual. Sarannya adalah anda harus “sedikit” melakukan research untuk mendapatkan keywords yang menjual, sehingga bisa diterima oleh Google AdSense. Untuk mengetahui keyword yang menjual, rekan-rekan bisa menggunakan tool dari Google yaitu AdWords Keywords Tool untuk mendapatkan informasi keywords yang bernilai jual tinggi.
  • Postingan anda terlalu sedikit. Solusinya adalah perbanyak postingan anda, update terus postingan anda. Banyak yang menyarankan, jumlah postingan 20 artikel atau halaman baru baik untuk mendaftarkan diri ke Google AdSense. Sambil menunggu lamaran anda diterima, perbanyak terus postingan anda sehingga blog anda terlihat “hidup”. Untuk website, Google AdSense tidak akan menerima lamaran anda jika website tersebut masih bersifat “underconstruction”.
  • Halaman blog anda mungkin sudah memiliki banyak iklan. Saran saya (ini saat saya lakukan dulu dan diteima oleh AdSense) kalau bisa jangan ada iklan lain terlebih dahulu semisal dari BidVertiser, AdBrite, atau iklan lainnya. Kalaupun mau, anda bisa menambahkannya nanti apabila AdSense telah menerima lamaran anda. Fokuskan pada AdSense terlebih dahalu, iklan yang lain sangat mudah untuk mendapatkannya.
  • Halaman blog anda mungkin berisi banyak link, bukan konten. Sebenarnya ini sangat “dibenci” oleh Google AdSense. Hindari penggunaan link yang berlebihan. Pergunakan link-link tersebut seperlunya sesuai dengan relevansi rujukan topik bahasan pada blog anda. Jika blog anda kebanyakan link, bukan mustahil pihak Blogger sendiri yang akan menghapus blog anda karena blog anda dicurigai sebagai Splogs (Blog Spam). Saya juga pernah mengalami hal ini. Pihak Blogger “melihat” blog saya tersebut memiliki banyak link, dan langsung meremove-nya!
  • Ada kemungkinan juga alamat yang anda pakai sudah dipergunakan oleh orang lain yang tinggal serumah. Google akan mencatat serta “mengingat” alamat rumah yang anda masukkan pertama kali saat mendaftar AdSense. Jadi buatlah alamat yang berbeda. Sedikit tips dari saya, anda bisa mempergunakan alamat satu rumah, contoh alamat rumah: “Jalan Merak 29, Belitung”, jika lamaran dengan alamat tersebut ditolak namun anda tidak mempunyai alternative alamat lain maka anda bisa mengutak-atiknya menjadi “Jl. Atau Jln. Merak 29, Belitung”. Hal seperti itulah yang kemaren saya lakukan.

Jika rekan-rekan blogger sampai saat ini masih belum diterima juga oleh Google AdSense, sudahkah rekan-rekan mereview kembali poin-poin yang dikemukakan diatas? Dan sedikitpun saya tidak ada niatan untuk menggurui, mengajari rekan-rekan blogger. Saya sama dengan rekan-rekan sekalian yang sedang belajar dan masih akan terus belajar. Beberapa hal diatas adalah pengalaman yang pernah saya alami dan tidak ada salahnya dibagi kepada rekan-rekan sekalian sehingga anda tidak perlu seperti saya yang lamarannya ditolak sebanyak 25 kali! Hehehe. Kalau perlu anda cukup hanya sekali saja dan langsung diterima oleh AdSense.

Nah, semoga hal diatas bisa anda hindari dan bisa mendapatkan akun AdSense (kalau anda berminat). Demikian sedikit pengalaman sederhana dari saya terhadap keinginan ingin mendapatkan akun AdSense untuk monetisasi blog, selebihnya anda bisa eksplorasi lebih lanjut dengan mencari informasi lebih di internet. Gunakan Imajinasi dan Kreativitas Anda. ini juga berlaku saat anda sedang mencari informasi untuk mendukung blog anda sehingga bisa diterima oleh Google AdSense.

Selamat Mencoba dan Good AdSense :)

-------------------------------------------------------------------------------------



9 comments :

Eksi Romiasih Friday, July 16, 2010 at 5:42:00 PM GMT+7  

aku juga ditolak melulu, dah 7 kali coba daftar. ada yg bilang klo mendaftar adsense sebaiknya ada iklannya dulu biar adsense menganggap anda tidak hanya mengandalkan adsense. tapi kamu bilang sebaiknya bersih dari adsense. bingung...

abdul majid Friday, July 16, 2010 at 8:38:00 PM GMT+7  

saya akan coba lagi lamar AdSense, moga saja diterima, thanks infonya ya....

anjieya Saturday, January 15, 2011 at 9:42:00 PM GMT+7  

wah bro.. gagal meneh, capek bgt, sayang visitorku sehari ada 50an lebih, tersia-siakan. (T_T)

Dasril Iteza Sunday, January 16, 2011 at 11:05:00 AM GMT+7  

anjieya@.... yah memang merepotkan c..... namun apakah anda sudah mendaftarnya pakai bhsa yang di support oleh adsense? kayaknya sekarang adsense lebih memprioritaskan blog2 yang berdomain sendiri boss.....

sofkhal Monday, February 28, 2011 at 9:34:00 PM GMT+7  

kalo IP address ngaruh ngga pas daftar adsense? Jadi kalo pas kita isi blog kita di beda waktu dan juga kebetulan beda IP address juga, apa itu juga jadi pertimbangan bg google? trus apa mungkin ada kaitanya dengan illegal traffic gitu? ngga ngerti gua..

Dasril Iteza Tuesday, March 1, 2011 at 8:43:00 AM GMT+7  

@ sofkhal...

sepanjang pengetahuan saya dari banyak info yang saya baca ini jelas 100% berpengaruh. google akan mencatat IP saat kita mendaftar adsense. trus klo kita isi blog kita dr IP yg beda ada kemungkinan juga ini menjadi pertimbangan google. jadi usahakan aja kita isi blog dr IP yg sama saat kita mendaftar adsense.

Aditya Gunantoro Monday, June 27, 2011 at 2:42:00 PM GMT+7  

salam kenal

Dasril Iteza Wednesday, June 8, 2016 at 8:11:00 AM GMT+7  

sip gan cobalah untuk diterapkan,, barangkali dapat membantu :)
salam kenal!

Dasril Iteza Monday, December 19, 2016 at 10:05:00 PM GMT+7  

@Dear Eksi Romiasih....
maksudnya adalah biar iklan lain tidak berkompetitif dengan google terlebih dahulu.... yang saya lakukan kemaren adalh yg seperti itu, namun klo masih binggung anda bisa melakukan eksperimen... pasang iklan dulu baru daftar adsense google atau jstru sebaliknya. eksperiment :) kan masih bisa daftr lagi klo masih blom kterima...

@Abdul majid: oke gan you're welcome & good luck!

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker