Koin Singapura Twenty Cents (20 – dua puluh sen) 1988

Komposisi untuk Koin Singapura Twenty Cents atau 20 (dua puluh sen) Tahun 1988 adalah Cupronickel atau Cupronikkel. Koin ini adalah salah satu dari beberapa koloksi saya akan koin luar negeri.

Sejujurnya, Saya belum pernah berkunjung ke Singapura dan saya mengumpulkan energi ingatan terhadap bagaiman saya bisa mendapatkan koin 20 cents ini. Hal ini sudah lama sekali, sehingga berusaha seperti apapun saya masih tidak bisa mereka-reka detail cara mendapatkan koin tersebut. Baiklah, kita lupakan itu karena yang pasti, koin ini adalah milik saya seutuhnya dan hanya satu-satunya koin dari Singapura yang saya miliki.

Membaca ulasan-ulasan di internet tengang koin Singapura, koin dari Negara Singapura pra-1985 semuanya berdesain tentang ikan (fish), dari Scorpion Fish ke Swordfish, hingga ke Seahorses. Kemudian pada tahun 1985 mereka beralih ke desain bunga. Saya tidak tahu pasti mengapa, namun konon, masa itu ni Negara Singapura sering terjadi penangkapan ikan berlebihan, reklamasi tanah, dan polusi. Pemerintah Singpura memiliki program hutan yang baik dan selalu dapat menjaga tanaman hidup bahkan dalam jumlah kecil.


Pada bagian depan koin 20 sen ini tertera perisai dengan tanda bulan sabit dan 5 bintang ditas bulan sabit tersebut. Sedangkan perisai tersebut diapit oleh Singa di bagian kiri perisai dan Harimau di bagian kanan perisai. Dan tepat dbawah perisai, Singa dan Harimau antara tulisan Tahun 1988 tertera pita yang bertuliskan “Majulah Singapura”.

Masih pada sisi depan koin, Kata “Singapura”, terukir dari empat bahasa, yang merupakan empat bahasa resmi yang dipakai oleh Negara itu ialah, Melayu, Cina, Inggris dan Tamil.


Sementara, pada sisi bagian belakang dari koin ini kita menemukan tumbuhan (namun saya tidak tahu pasti jenis tumbuhan apa) pada tengah-tengah koin, sementara diatasnya tertera tulisan yang mengikuti bulanta koin, bertuliskan “TWENTY CENTS” dan pada bagian bawahnya tertera tulisan“20”.

Pada tahun 2003 Singapura bergabung dengan daftar panjang negara-negara yang berhenti mengeluarkan koin 1 sen dan koin 5 sen dan mereka mengeluarkan koin 10 sen dan lebih tinggi denominasinya.

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

Unknown Saturday, June 2, 2018 at 12:19:00 PM GMT+7  

berapa sih nilainya kalau dirupiahkan?

Dasril Iteza Saturday, June 2, 2018 at 8:54:00 PM GMT+7  

Sekitar 2.085 rupiah

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker