Tips Menulis Artikel Yang Baik

Dasril Iteza - Kita berbicara pada batasan blog saja. Sebagaimana yang anda semua ketahui bahwasanya kekuatan suatu blog terletak pada artikel. Semakin menarik suatu artikel maka akan semakin baik untuk perkembangan suatu blog. Artikel yang yang dikemas secara menarik serta unik justru akan menjadi daya tarik bagi pembaca baik sengaja maupun tidak saat melihat blog kita. Sebentuk artikel harus ditulis dengan baik sehingga mampu menciptakan dampak pada pikiran pembaca. Suatu tulisan yang baik adalah lebih dari asimilasi kata-kata dan konstruksi frasa. Menuntut penggunaan hak kata-kata dan ekspresi dalam bahasa yang rapi dan bersih yang harus mudah dipahami oleh pembaca. Hal ini berlaku untuk setiap genre, katagori atau label penulisan termasuk menulis untuk internet (lebih tepatnya menulis blog). Perlu diingat bahwa Internet hanyalah media. Apa yang kita tulispun sebenarnya juga mengikuti prinsip yang sama.

Yang akan saya sampaikan dibawah ini merupakan tata cara dan tips untuk menulis artikel yang baik. Jadi mari kita sama-sama berbagi pengetahuan dan informasi. Dan bagaimana sebenarnya menulis artikel yang baik itu? Berikut ini adalah tips-nya:

Gunakanlah Bahasa Yang Baik dan Sopan: Kita yang hidup di Negara Republik Indonesia ini pernah mendengar perkataan atau kalimat “Pergunakanlah Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar”, bukan? Hal ini harus terbebas dari kesalahan dan kesalahan ketik. Penggunaan Grammar harus akurat dan kesalahan ejaan harus ditemukan dan diperbaiki. Jangan sampai anda menulis dalam bahasa rumit apalagi berbelit. Bahasa yang sederhana akan dihargai oleh para pembaca ketimbang bahasa rumit “Level Tinggi”. Perlu dilakukan oleh kita semua untuk mengganti bahasa yang sulit, rumit dengan bahasa yang sederhana dan mudah dicerna untuk kemudian mudah juga dipahami oleh pembaca.

Mengalir: Informasi dalam artikel anda tidak boleh sembarangan. Sebaliknya harus mengalir dan berkelanjutan. Jangan melompat-lompat. Model atikel melompat-lompat semacam itu biasanya akan mengganggu pikiran pembaca. Jadi, Let It Flow!

Fasih: Menulislah seolah-olah anda sedang berbicara kepada pembaca anda. Jangan menulis hal semacam dokumenter. Membuat artikel anda semenarik mungkin dan menyenangkan untuk dibaca adalah tujuannya. Anda juga berpikir begitu, bukan?

Term of Service (TOS): Jangan kacauan artikel anda dengan link yang tidak perlu dengan harapan bahwa pembaca akan mengklik link tersebut. Meskipun anda harus menyediakan link yang relevan tetapi isian artikel anda jangan kebanyakan link. Hal ini bisa-bisa artikel anda dicurigai sebagai blog spam yang berakibat dengan dihapusnya blog anda. Saya pernah mengalami suatu hal yang berakibat dihapusnya blog saya, karena blog saya dicurigai sebagai blog spam dan belakangan ini baru saya sadari ternyata blog saya yang dihapus tersebut kebanyakan link-link (yang menurut saya penting dan perlu tapi lain bagi penilaian blogger.com). Sebagian besar direktori artikel (atau teknologi blog seperti blogger.com) akan menolak artikel anda jika anda memiliki link lebih dari batas yang diperbolehkan. Jadi ikuti pedoman untuk menyelamatkan diri dari penolakan yang akan berakibat dihapusnya blog anda. Dengan kata lain kita juga wajib tunduk atas Term of Service (TOS) dari blog yang kita pergunakan, meskipun itu gratis.

Tulislah Secara Teratur: Menulis adalah sebuah keterampilan. Hal ini dapat ditingkatkan dengan melalui berbagai praktek. Oleh karena itu menulislah secara teratur. Pilihlah waktu ketika pikiran anda yang paling produktif dan perlu juga untuk memilih tempat di mana anda dapat menulis tanpa gangguan. Banyak saran dari para blogger atau mereka yang ahli dalam artikel bahwa untuk menulis dan memposting artikel itu sebanyak 2x seminggu. Ada juga yang menyarankan 3x dalam seminggu. Saat anda membuat sebuah blog maka anda langsung terkena “Undang –Undang Kewajiban Menulis”. Dengan kata lain, untuk apa membuat blog jika bukan untuk ditulisi!

Baca Secara Teratur: Membaca adalah penting karena hal tersebut akan membantu anda dalam menyediakan informasi yang nantinya akan anda tuangkan dalam blog dan juga merangsang pikiran anda untuk menulis lebih banyak. Buatlah kebiasaan membaca dan menonton. Terkadang tanpa kita sadari, dengan membaca dan menonton, entah itu film atau sinetron justru akan memberikan sebuah inspirasi atau ide untuk anda membuat artikel yang lebih baru nantinya.

Namun, tentukan dulu kategori blog anda, apakah blog anda itu berkategori internet, menghasilkan uang dari blog, gossip, info, pariwisata atau hal lainnya.

Demikianlah beberapa tips yang telah saya resume yang saya pilih dari berbagai sumber. Kalau menurut saya Tips ini juga dapat diterapkan tidak hanya untuk menulis di internet (blog), akan tetapi bisa juga untuk setiap tulisan lainnya. Bagaimana pendapat anda?

-------------------------------------------------------------------------------------



4 comments :

Cha Wednesday, June 23, 2010 at 11:13:00 AM GMT+7  

tipsnya keren :D
apalagi aku masih dalam tahap belajar menulis artikel,
yg nomor 1 kadang dilupakan,
karena dianggap terlalu monoton utk menggunakan bahasa yang baik&benar,
padahal sebenarnya setiap kata dr suatu bahasa itu bervariasi

rohim Thursday, December 30, 2010 at 3:10:00 PM GMT+7  

maksih tipsnya..aq bru bljr nulis jg ni...trutama nulis diblog..

Dasril Iteza Thursday, December 30, 2010 at 3:25:00 PM GMT+7  

@rohim...
makasih ats komennya... yah saya juga masih sedang belajar neh

Dasril Iteza Thursday, December 30, 2010 at 3:26:00 PM GMT+7  

@cha: yuk mari kita sama2 belajar

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs