Widget: Berapa Banyak Yang Harus Dipasang?

Tidak dapat dipunkiri, widget merupakan unsur penunjang yang sangat penting dalam sebuah blog. Tidak hanya sekedar untuk” mempercantik” atau “mempertampan” wajah blog kita, akan tetapi banyak sekali fungsi atau keuntungan yang bisa kita dapatkan. Salah satunya agar blog kita tidak terlihat seperti “sayur tanpa garam”. Dengan dipasangnya beberapa widget dimuka blog, maka blog akan lebih berkesan elegan serta informative. Pengertian dari widget tersebut saya rasa anda semua sudah tahu.

Buat yang menyenangi berselancar di samudera maya, dengan mudah sekali anda akan menemukan ratusan widget dengan berbagai fungsi untuk blog anda tersebut. Sebenarnya berapa banyak widget yang harus dipasang di blog biar menjadi optimal?

Sebenarnya tidak ada aturan baku tentang seberapa banyak widget yang harus mejeng di blog kita (karena kalau kebanyakan blog bisa berubah menjadi LOLA!). Biasanya rata-rata setiap blog memasang sekitar 5 (lima) elemen widget yang utama atau bisa juga disebut prioritas, diantaranya yaitu:

Widget Penghitung Visitor. Widget ini digunakan untuk menampilkan jumlah pengunjung, baik unique visitor atau tidak, page views, visitor yang sedang online, kunjungan perharinya. Salah satu widget yang bisa mengakomodir data-data yang diperlukan adalah hitstats.com. saya pikir anda semua sudah tahu tentang widget yang satu ini. Untuk memasangnya di blog anda sangatlah gampang. Yang perlu anda lakukan adalah dengan registrasi untuk bisa menikmati berbagai ragam counter dari situs tersebut. Idealnya, dengan memilih warna yang sesuai dengan komposisi warna blog kita.


Peta Lokasi Situs. Widget ini dipasang dalam blog kita biasanya berguna untuk mengetahui IP address, Kota dan Negara pengunjung serta tulisan atau topic yang paling digemari. Widget ini sangat dibutuhkan jika ingin memantau trafik blog. Jika sudah terpasang, kita jadi bisa tahu tentang data-data pengunjung berupa IP address, kota, Negara maupun web browser yang dipergunakan serta informasi dari mana pengunjung mengetahui alamat blog anda. Widget yang paling populer dikalangan para blogger untuk menampilkan semua informasi tersebut adalah feedjit.com dan neocounter. Beberapa master blogger mengatakan, menggabungkan kedua widget dari dua situs tersebut akan menjadikan blog kita lebih indah dan informative. Dengan demikian anda bisa mengatuhui siapa saya yang kesasar berkunjung dalam blog anda tersebut!

NeoCounter

Shout Mix. Mirip-mirip fasilitas komentar pada blogger, bedanya pada widget ini, pengunjung blog kita bisa bebas mengeluarkan komen-koment atau unek-uneknya untuk ditanggapi pemilik blog atau pengunjung yang lain. Ada banyak sekali situs yang menyediakan fasilitas ini, salah satu yang populer dan juga gratis adalah shoutmix.com. tinggal daftar dan sesuaikan saja dengan komposisi warna dasar blog kita. Beres!


Komunitas. Dengan bergabung didalamnya, kita bisa membuat blog menjadi lebih diketahui, dengan demikian bisa mendatangkan trafik, bersilaturahmi dengan blogger-blogger lain. Banyak sekali komunitas blogger di samudera maya. Yang paling terkenal (kalau menurut saya) adalah BlogCatalog dan MyBlogLog, sebentuk servis dari Yahoo! Sama dengan widget lainnya, anda bisa memilih berbagi jenis ukuran yang disesuaikan dengan selera dan perasaan anda, syarat awalnya anda harus registrasi dan memiliki akun jika sudah, kode HTML atau script-nya bisa anda copy kemudian di paste ke bagian yang dikehendaki dalam blog anda. Saya juga sudah mendaftarkan blog saya juga di kedua situs komunitas diatas.



Ranking. Yaitu widget untuk mengambarkan perbandingan blog kita dengan blog orang lain. Untuk yang satu ini, kalangan blogger banyak yang menggunakan PageRank dan AlexaRank.


Tidak perlu terlalu banyak widget, terkadang kalau kebanyakan widget, blog kita bisa-bisa berkesan berantakan. Yang pastinya kalau kita kebanyakan pasang widget, bukan tidak mungkin loading blog kita bisa lambat. Ini berbahaya. Kalau sudah demikian pengunjung akan langsung mengklik tanda (x) di pojok kanan atas layar dan meninggalkan blog kita tanpa satu huruf pun yang di baca. Kenapa? Kelamaan menunggu loading. Pembaca jadi jenuh! Mungkin sama dengan pesan-pesan dari mereka yang sudah ahli, pasanglah widget yang pas dan sesuai dengan kebutuhan blog anda.

-------------------------------------------------------------------------------------



5 comments :

h_8 Tuesday, July 13, 2010 at 5:27:00 PM GMT+7  

kalau google friend connect waktu halaman translate di tempat saya kok jadi error, templatenya barangkali, jadi ga di pasang, saya ganti mybloglog lumayan.
jadi ga punya google friend gan..

kodzan Tuesday, July 13, 2010 at 9:38:00 PM GMT+7  

Gpp lah.... toh fungsinya hampir mirip2.....

alat tulis Sunday, December 23, 2012 at 9:06:00 AM GMT+7  

terima kasih tuk infonya. ada lagi ga widget yang harus dipasang lagi?

Dasril Iteza Sunday, December 23, 2012 at 9:25:00 PM GMT+7  

@alat tulis...

Sekalian aja saya update artikel diatas melalui balasan komentar ini, bahwa sekarang sudah tidak ada gunanya lagi memasang widger mybloglog!

btw, masalah ada lagi ga widget yang harus dipasang lagi? ini kiranya dikembalikan pada anda sang pemili blog untuk menambahkannya sesuai selera anda...

trims atas kunjungan dan komentnya!

Dasril Iteza Saturday, February 14, 2015 at 2:33:00 PM GMT+7  

@h_8....

sayangngay sekarang mybloglog udah lama tamat ya gan.... padahal itu sangat bagus untuk mencari backlink dan traffic

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs