Hanya Sekedar Intermezo: Nilai Page Rank Situs Jejaring Sosial Media

Hanya Sekedar Intermezo. Hal yang tidak bisa kita pungkiri adalah salah satu sisi positif suatu situs jaringan sosial media adalah dimana kita bisa sharing dengan teman, keluarga dll. Bahkan khusus untuk teman, banyak yang merasakan manfaatnya karena “telah bertemu kembali” setelah sekian puluh tahun berpisah.

Banyak media memberitakan baru-baru ini – yang mengutip dari peryataan sang founder facebook - bahwa situs jejaring sosial facebook, telah menembus keanggotaan sebanyak 500 juta orang. Sangat fantastis. Bagaimana dengan twitter? Sumber yang saya kutip dari Tempo Interaktif, bahwa pengguna twitter seluruh dunia adalah diatas 105 juta orang. Lumayan banyak, meskipun jumlah ini kalau saya pikir masih “kalah telak” dibandingkan pengguna facebook yang sekitar 5 kali lipat dibandingkan pengguna twitter.

Dari jumlah pengguna, facebook mengungguli twitter. Iseng-iseng saya juga ingin tahu nilai Page Rank yang dimiliki oleh kedua situs jejaring social tersebut. Untuk kedua kalinya twitter kalah dari facebook. Meskipun bukan – kalau saya pikir – “skor telak”, tetapi tetap saja facebook menggunguli twitter. Asal tahu saja, facebook memiliki nilai page rank tertinggi untuk skala nilai page rank, yaitu 10 (Sepuluh). Bagaimana dengan twitter? Nilai page rank twitter “hanya” 9 (Sembilan).


Anda bisa membuktikannya sendri. Dan untuk situs jejaring social lainnya anda bisa mengeceknya juga nanti dengan waktu luang anda.

Penilaian itu diambil dengan menggunakan jasa cek page rank dari situs PRCheker. Saya melakukan itu tanggal 30 Agustus, karena siapa tahu informasinya akan berubah, dan bukan mustahil nantinya twitter akan mengungguli facebook dari segi jumlah pengguna dan twitter akan mungkin saja akan memiliki nilai page rank yang setara dengan facebook.

Lantas, bagaimana kaitan dengan blog yang kita miliki? Jawabannya adalah tentu saja backlink untuk meningkatkan traffic atau lalu lintas yang menuju ke blog kita. Dengan memasang URL blog kita di situs jejaring social diatas, potensi peningkatan traffic yang lebih tinggi menjadi sebuah pintu gerbang yang terbuka selebar-lebarnya.

Namun, ada satu kemenangan dari twitter. Yaitu kita bisa mensubmit post terbaru kita langsung ke twitter dan facebook sekaligus. Disini twitter telah memiliki konfigurasi dalam masalah ini. Mungkin lebih tepatnya kalau kita berterimakasih pada jasa feedburner, karana dengan metode via feed-lah artikel terbaru dari blog kita akan tersubmit otomatis meskipun saat itu kita tidak login ke twitter dan facebook. Ini adalah salah satu cara yang sangat efektif dan efisien dalam hal penyebaran artikel terbaru dari blog kita.

Itulah sekedar intermezo dari saya. Happy Blogging!

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs