Elemen Pendukung Optimasi SEO


Adalah hal yang tidak bisa kita hindari kalau kita telah memiliki blog atau website pasti menginginkan blog atau website tersebut muncul dalam halaman hasil mesin pencari yang dilakukan oleh mereka-mereka yang surfing dengan berbagai input keywords tertentu. Dan mereka yang berhasil menduduki halaman awal hasil dari mesin pencari akan membuka peluang untuk dikunjungi oleh mereka-mereka tersebut. Untuk itu semua perlunya strategi, taktik atau teknik optimasi mesin pencari (SEO).

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa hal terkait unsur-unsur atau elemen pendukung optimalisasi mesin pencari. Sekurang-kurangnya ada 7 (tujuh) macam unsur atau elemen pendukung optimasi SEO: 

1). Ikatan domain name atau nama blog. 

Sederhanya seperti ini: coba anda masukkan nama blog anda tanpa embel-embel....blogspot.com, misalnya blog saya: kodzan.blogspot.com. sekarang kita buka google.com dan masukkan kata “kodzan” dalam kotak pencarian, dan anda lihat apa yang terjadi, berapa urutan posisi dari kata kodzan tadi yang ditampilkan dari halaman hasil mesin pencari google. Inilah yang disebut dengan ikatan nama blog atau nama domain. Andaikan saja misalnya saya memiliki domain name sendiri misalnya http://www.kodzan.com (domain kodzan tidak eksist – ini hanya perumpamaannya saja), maka bisa diketahui hasilnya dalam mesin pencari. Perlu diketahui, ada banyak orang yang mencari informasi tentang sesuatu atau nama orang dengan memasukkan nama orang, ini akan menjadi hal yang bagus buat kita dalam optimasi SEO. Sebagai praktik, coba anda masukkan kata ini: “Dasril Iteza” (tanpa tanda kutip) dan lihat apa yang ditampilkan oleh Google, Yahoo dam Bing! 

2). Judul atau Title 

Penempatan dan penggunaan elemen judul atau title blog dengan baik, maka hasilnya sudah pasti akan baik pula. Ini akan membantu blog atau website kita dengan gagah berani muncul di jajaran atas elit halaman hasil pencarian di mesin pencari 

3). Meta Tag: Meta Keyord dan Meta Deskripsi. 

Tag Meta atau bagi kalangan IT juga bisa disebut dengan metadata, merupakan data tentang data (data about data), yaitu metadata yang meliputi semua informasi tentang data. Metadata ini perlu dimasukkan dalam blog atau website dengan menggunakan kote perintah tag meta. Ada banyak tag meta yang bisa kita temukan, namun yang berguna dalam optimasi SEO adalah meta keyword dan meta deskripsi. 

Kalau kita sudah mengatur meta keywords dan meta deskripsi dengan dan kemudian cocok dengan keyword serta deskripsi yang dimasukkan oleh penggunjung dalam mesin pencari, maka ini akan membaut blog kita tampil di posisi terhormat halaman hasil mesin pencari. 

4). Keterkaitan dengan konten/ isi blog atau website 

Kalau kita membuat konten blog atau website dan menghubungkan antara isi posting dengan keywords sehingga memiliki tingkatan korelasi yang tinggi. Dengan usaha yang konsisten dengan apa yang kita tulis dengan korelasi judul, keywords serta deskripsi akan membuat blog kita semakin berkawan dengan mesin pencari. 

5). Peta Situs atau Sitemap 

Ini digunakan agar seluruh isi blog kita terindeks dalam mesin pencari. Beberapa mesin pencari menyediakan layanan sitemap ini. Misalnya anda mendaftarkan sitemap di Google. Dengan beberapa langkah sebagaimana yang dipandu dalam Google, sitemap bisa kita buat. Begitu juga dengan membuat sitemap di Yahoo, bebepa langkah mesti kita lakukan untuk membuat sitemap di yahoo. Yang paling mudah adalah membuat sitemap di Bing, Yaitu: 


ganti “www.YourWebAddress.com”, paste ke browser anda kemudian tekan enter! Sitemap blog sudah dibuat. Sabar dan tunggu hasilnya!

6). Listing Alamiah atau Submit Blog.

Untuk bisa diindeks oleh mesin pencari, sudah harga mati buat kita untuk mendaftarkan blog kita ke berbagai situs mesin pencari semisal Google, Yahoo dan Bing. Ada banyak mesin pencari, kalau mau, anda bisa mendaftark blog anda juga.

7). Backlink

Backlink adalah link alamat blog kita yang tertanam di blog atau website milik orang lain. Semakin banyak backlink yang diperoleh oleh blog kita, maka hasilnya akan semakin baik pula. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan berkomentar pada blog atau website miliki orang lain.

Itulah sekurangnya 7 (tujuh) macam elemen pendukung optimasi SEO. Anda bisa mengeksplorasi masing-masing dari tujuh macam elemen pendukung diatas dengan mencarinya diinternet. Saya pikir, semakin mendalam kita mengeksplorasi satu demi satu elemen diatas, maka hasilnya bisa diterapkan untuk kemajuan blog kita dikemudian hari.

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

Kain Tenun Troso Sunday, September 8, 2013 at 10:47:00 AM GMT+7  

thanks infonya :)

Dasril Iteza Saturday, September 14, 2013 at 10:14:00 AM GMT+7  

sippp gan.. thanks atas kunjungannya :)

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs