Bagaimana cara meningkatkan AdSense CTR dan CPC ?

CTR dalam istilah AdSense merupakan kependekan dari click trough ratio. Merupakan perbandingan antara jumlah klik yang diterima oleh suatu ad units dengan jumlah tampilan ad units tersebut. Contoh: satu ad units yang ditampilkan 50x dan di klik 10x, maka akan memiliki nilai CTR sebesar 20% (10:50). 

Sementara itu CPC dalam istilah AdSense adalah Cost Per Click. Tentunya ini merupakan hal yang berbeda, artinya seberapa banyak pendapatan setiap klik yang dibuat oleh pengunjung website atau blog pada iklan AdSense anda. Hal berikut ini bisa saja terjadi misalnya AdSense kita memiliki CTR yang tinggi, namun kenyataannya masih membuat frustasi kita. Ini dikarenakan rendahnya CPC!

CTR tergantung pada banyak faktor seperti, format iklan, penempatan iklan pada halaman website atau blog anda, warna judul iklan dan teks dll. Tidak ada aturan jempolan untuk hal ini, tetapi ada beberapa hasil yang diuji dan diverifikasi oleh banyak webmaster atau blogger yang dapat membantu kita dalam memilih penempatan iklan dan format iklan untuk CTR yang lebih baik. Seperti diketahui, Iklan teks kinerjanya lebih baik dibandingkan dengan iklan gambar (image), karena memberikan lebih banyak pilihan diklik oleh pengunjung, sedangkan iklan image berkesan seolah-olah pesan sponsor yang tidak ada hubungannya (relevan) dengan konten website atau blog. AdSense kotak persegi besar antara judul dan konten dapat menghasilkan lebih banyak klik pada iklan AdSense. Wide skyscraper akan lebih optimal untuk website atau blog yang memiliki kolom disebelah kanan. Hal ini menjadikan analisa bahwa kebanyakan orang memakai mouse kompuer dengan tangan kanan. Perhatikan benar-benar latarbelakang atau warna background website atau blog anda. Jangan sampai terjadi AdSense tampil dengan background yang berbeda dengan background website atau blog anda. Jika berbeda, ini jelas akan berpengaruh pada CPC!

CPC tergantung pada relativitas iklan dengan konten, popularitas niche content, dan jumlah iklan yang ditampilkan pada halaman website atau blog. Kita tidak dapat menemukan iklan yang akan ditampilkan di website atau blog kita, tapi satu hal yang jelas dan dikatakan oleh tim AdSense, selalu menampilkan iklan yang berkinerja baik akan menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi untuk publisher AdSense. Dengan kata lain, jumlah iklan dapat mengakibatkan rendahnya CPC. Contoh saya mengunakan AdSense pada blog The Belitung Blogging of Indonesia dimana AdSense yang saya setting adalah muncul dalam setiap posting atau artikel dan pada bagian atas disamping header. Karena blog saya itu menggunakan readmore, untuk AdSense per postingnya secara default (saat ada pengunjung yang melakukan direct http://kpadaku.blogspot.com) tidak akan terlihat kecuali AdSense yang berada disamping Header. Sebenarnya ini juga akan membantu halaman blog saya untuk terlihat ramah bagi para pembaca dan bukan merupakan blog yang penuh dengan iklan, sekalipun itu iklan AdSense. Kebanyakan menampilkan iklan pada halaman yang sama ada kemungkinan akan membuat pengunjung website atau blog anda benar-benar “menjadi buta” dan ini tentu saja bisa membuat kita kehilangan CPC!

Kesimpulannya, untuk meningkatkan CTR, bermain-mainlah dengan penempatan dan warna iklan AdSense, temukan padanan yang sesuai dan untuk meningkatkan pembayaran CPC adalah membuat relevansi dengan konten kita. Untuk iklan yang terlalu sering muncul, kita bisa menggunakan Allow dan Block Ads. Jadi hanya iklan yang kita izinkan saja yang berhak “nongol” di halaman website atau blog kita. Gunakan sesekali pengaturan paling tidak seminggu sekali dan kemudian pelajarilah laporan AdSense kita. Setelah menganalisa laporan tersebut, bukan tidak mungkin kita akan menemukan ide untuk pengaturan yang lebih baik untuk halaman website atau blog kita. Hal yang perlu diingat bahwa fluktuasi kecil dalam pendapatan AdSense adalah normal, yang pasti bagaimana caranya kita mencoba mencari penghasilan rata-rata per harinya.

Penilaian ini semua saya kembalikan pada pribadi anda masing-masing!

-------------------------------------------------------------------------------------



9 comments :

fansmania Thursday, December 16, 2010 at 11:34:00 AM GMT+7  

Ada satu lagi mas untuk tambahan, kalo bisa pengunjung yang datang murni organik.. maksudnya datang dari search engine maka itu akan lebih meningkatkan CPC nya. Jadi yang buat pusing itu mikirin konten blog kita dan optimisasi SE nya.
Makasih atas share nya mas Dasril :) boleh ni kita saling tukeran info

Dasril Iteza Friday, December 17, 2010 at 8:12:00 AM GMT+7  

bener sekali mas....

yang datang dan klik secara natural katanya itulah yang dianggap "sah" oleh adsense....

tukeren info? boleh2 aj! namun info yg seperti apa yang pantas kita pertukarkan ya?

nyambek Thursday, December 23, 2010 at 11:14:00 AM GMT+7  

mas aku masih bngung masalah total page view padahal pengnjung di blog saya 1000 tp kedeteck di ads cuma 64.. trus total pageview di ads tidak sesuai dengan jumlah

ex:

total page view 600
padahal
page view
blog A 20
blog B 30
blog c 100
blog d 200

mas bisa kasih tau nggak knapa kok bgini..

Dasril Iteza Thursday, December 23, 2010 at 2:05:00 PM GMT+7  

@nyambek...
terkadang ini merupakan permasalahan tersendiri.. kalo masalah ini sepertinya adalah rhasia google sendiri karena saya lihat situs tersebut adalah "domain parking", bukan begitu?

terus pertimbangkan juga unique visitornya... dan mungkin yang 64 kedetek itulah page view yang dianggap sah oleh google....

SiPutih Monday, February 4, 2013 at 8:37:00 AM GMT+7  

nilai perklik saya sangat rendah :( sad

drivers Thursday, August 14, 2014 at 2:24:00 PM GMT+7  

mantap gan artikelnya..sangat bermanfaat,,tengkyu sharingnya ya..

Dasril Iteza Friday, August 15, 2014 at 10:00:00 AM GMT+7  

SiPutih@...untuk nindonesia emang seperti itulah adanya.
drivers@... you're welcome gan.

Adi Bayu Saturday, June 4, 2016 at 8:19:00 PM GMT+7  

Sebelumnya, terimakasih atas artikelnya gan, sangat membantu, nanti saya coba terapkan di blog saya :)

Sebagai referensi, jika berkenan, silahkan baca panduan yang saya buat, berikut daftarnya:
Cara Jitu Meningkatkan CPC Google Adsense
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi CPC Google Adsense
Cara Meningkatkan Penghasilan (CPC / CTR) Google Adsense
17 Cara Mengoptimalkan (Meningkatkan) Pendapatan Google Adsense

Barangkali dapat membantu :)

Dasril Iteza Wednesday, June 8, 2016 at 8:10:00 AM GMT+7  

iya gan cobalah diterapkan :)

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs