Tiga Kategori Utama Blog

Secara umum, ada beberapa jenis atau kategori blog. Meski demikian, hanya ada tiga kategori utama blog, yaitu: 1). Blog organisasi; 2). Blog Bisnis; dan yang ke 3). Personal blog atau Blog Pribadi.

Kategori pertama yaitu blog organisasi, menggunakan kekuatan blog untuk berkomunikasi baik secara eksternal dengan publik atau internal dalam organisasi mereka sendiri. Jenis blog ini memiliki tujuan fasilitasi komunikasi internal di antara karyawan, rekan kerja dan personel organisasi lainnya. Selain itu, blog organisasi biasanya mempublikasikan informasi untuk kepentingan. Dalam sebuah contoh tertentu, ada blog organisasi yang mempublikasikan jadwal seminar, pertemuan, dan pengumuman untuk, pelanggan klien atau anggota dsb.

Kategori kedua adalah Blog bisnis, blog berkategori ini – disisi lain - adalah untuk mempromosikan jasa atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan dalam rangka membantu meraih, meningkatkan keuntungan, pendapatan dari konsumen yang potensial. Jenis blog ini dapat mencari cara untuk meningkatkan reputasi dan otoritas dengan vendor, pelanggan dan mitra. Mereka melakukan ini dengan menerbitkan isi yang mengekspresikan keahlian dan pengetahuan dalam porsi pasar niche (niche marketing) tertentu, atau industri.

Dan kategori yang terakhir adalah Personal Blog. Personal Blog atau blog pribadi adalah mereka-mereka yang mengandung konten yang lebih merupakan refleksi dari pendapat dan pikiran dari seorang blogger. Biasanya, blog dipergunakan oleh mereka untuk menerbitkan artikel dari sudut pandangan mereka pada beberapa jenis dan berbagai kegiatan serta topik. Blogger yang mempublikasikan konten personal biasanya menemukan kesenangan dan menjiwai dalam mendokumentasikan kehidupan sehari-hari mereka, arus kesadaran dan bahkan menulis ketidaksenangan, kebencian terhadap suatu peristiwa tertentu melalui artikel yang tentu saja hal ini mencerminkan suasana hati para pemilik blog personal tersebut.

Diantara tiga kategori utama diatas, setidaknya banyak yang menggunakan blog untuk personal blog. alasannya sederhana: lebih bebas dalam mengekspresikan dan sarana aktulisasi diri sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Bagaimana menurut kalian?

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs