Keyword ekor panjang atau Long tail keyword untuk optimasi SEO

Dasril Iteza - Bagi blogger yang serius ingin mengoptimalkan SEO untuk blognya, maka salah satu strategi yang bisa digunakan untuk menjaring pengunjung hingga masuk kedalam blognya, keyword atau kata kunci mutlak diperlukan. Jika kita bermain-main dengan SEO maka hubungannya adalah mesin pencari dan mesin pencari akan menampilkan daftar blog serta website atau antah berantah yang diinput oleh user mesin pencari. Jika orang sudah hafal nama blog kita, mungkin pencarian di mesin pencari sudah tidak diperlukan lagi. Namun bagai mana seandainya kita adalah newbie dalam dunia ngeblog. Agar blog bisa diketahui oleh dunia, maka caranya adalah membuat blog tersebut terindeks oleh mesin pencari dan dengan beberapa keyword atau frase keyword, maka blog tersebut akan ditemukan.

Banyak cara, tips, trik serta strategi agar blog ditemukan oleh mesin pencari. Salah satu strategi tersebut adalah dengan keyword. Masalah akan timbul pada kasus blogger pemula seperti saya ini jika bermain-main dengan keyword ekor pendek atau keyword satu kata saja. Misalnya untuk keyword “blog”, belum tentu blog saya ini bisa ditemukan pada halaman hasil pencarian (SERP) pada halaman pertama serta kedua. Mungkin blog saya akan di temukan pada halaman ke sejuta. Namun siapa yang mau capek-capek repot-repot menelusuri hasil pencarian hingga halaman ke sejuta? Strategi bijak dan banyak di rekomendasikan oleh para pakar SEO adalah sebaiknya para blogger newbie seperti saya ini menggunakan keyword frase atau long tail keyword atau keyword ekor panjang. Jika kita memakai keyword satu kata saja, kemungkinan buruk adalah blog kita akan tenggelam oleh blog dan website lain yang sudah mapan atau high rank di mesin pencari. Kecuali anda mengetikkan keyword “kodzan”, mungkin blog saya bisa ditemukan pada halaman pertama halaman hasil pencarian (SERP).

Lalu dimana kita meletakkan long tail keyword atau keyword ekor panjang tersebut? Agar bisa mendapatkan hasil yang bagus, sebaiknya kita meletakkan keyword ekor panjang atau long tail tersebut pada tag meta keyword. Seperti apa kode perintah tag meta keyword tersebut? Saya maklumkan bahwa anda semua sudah tahu apa dan bagaimana itu tag meta keyword.

Misal penggunaan long tail keyword atau keyword ekor panjang pada tag meta keyword adalah: “blog dasril iteza, dasril iteza, blog kodzan, optimasi adsense, elemen pendukung optimasi seo, misteri perasaan manusia, google oriented” dan lain sebagainya. Pakoknya lebih dari satu suku kata.

Dengan memakai strategi keyword ekor panjang atau long tail keyword, peluang untuk hadir dihalaman pertama halaman hasil pencarian bisa membuka peluang yang selebar-lebarnya.

Bagaimana pendapat kalian semua? Sudahkah kalian menerapkan strategi keyword ekor panjang atau long tail keyword?

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

Hamba Allah Saturday, March 26, 2011 at 1:49:00 PM GMT+7  

halo mas comen balik ya.. ni artikel paling bagus yang saya baca buat seo....

Dasril Iteza Monday, July 13, 2015 at 10:54:00 PM GMT+7  

@rheza_aulia ....

Oh ya? makasih gan, sangat senang rasanya jika memang apa yang saya paparkan ada manfaatnya :)

ok nantikan aja kunjungan balik dari saya yaa....makasih

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker