Optimasi blog: manfaat Artikel Terkait Related Articles

Kode atau script untuk membuat related articles atau artikel terkait atau tulisan terkait atau postingan terkait atau apalah namanya pada blog jika diperhatikan banyak sekali kalangan blogger yang menyukainya serta menggunkannya karena bisa menampilkan sejumlah judul artikel terkait dari artikel yang sedang dibaca oleh para pengunjung blog.

Singkatnya, gambaran umum dari related related articles atau artikel terkait untuk optimasi blog adalah sebagai berikut; dalam setiap artikel tentunya sudah pasti kita akan mengelompokkan artikel tersebut kedalam beberapa kelompok atau yang biasa disebut dengan label atau katagori! Artikel terkait itu biasanya sepanjang pengamatan pada blog saya sendiri selalu berada dalam satu kelompok artikel atau tulisan yang di kategorikan, dan umumnya diletakkan di bagian bawah postingan atau tulisan.

Namun disini, kita tidak akan membahas tutorial optimasi blog tentang cara membuat related articles atau artikel terkait, namun saya akan coba sedikit menguraikan analisa sederhana, keuntungan atau manfaat yang akan di dapat blog kita kalau sudah mengimplementasikan script atau kode artikel terkait pada blog kita:

(1). Manfaat related post yang pasti adalah usaha untuk mempercantik wajah blog sehingga blog tersebut memiliki kesan professional.

(2). Artikel yang kita publikasikan seolah-olah tidak berdiri sendiri. Meskipun ada label atau katagori namun frekuensi browsing pengunjung pada label mungkin lebih kurang dibanding dengan meletakkan judul-judul artikel terkait pada suatu artikel.

(3). Merupakan jalan pintas atau shortcut. Dengan mengimplementasikan kode artikel terkait, artikel-artikel tertkait pada artikel yang sedang dibaca karena kumpulan judul artikel yang dikaitkan tertera langsung pada setiap akhir artikel sekaligus menguraikan sejumlah judul yang terkelompok dalam label atau katagori.

(4). Jika kita meletakkan artikel postingan pada lebih dari satu label atau kategori, maka script atau kode related posts akan mengurainya pada sedemikian banyak label. Tergantung pada beberapa label kita meletakkan artikel atau postingan tersebut. Dengan men-setting sedemikian banyak label, maka akan semakin banyak pula judul artikel yang diurai pada setiap bawah artikel.

(5). Mencegah pengunjung blog untuk untuk langsung pergi meninggalkan blog. dengan bantuan artikel terkait, setidaknya membuka jalan bagi para pengunjung untuk meng-klik beberapa judul artikel dan membacanya dibandinkan tidak sama sekali kalau kita tidak mengimplementasikannya dan ini merupakan “upaya pencegahan” untuk pengunjung yang langsung pergi begitu saja tanpa membaca beberapa artikel lainnya.

Bagaimana menurut kalian?

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

BaliMOz Friday, March 11, 2011 at 7:49:00 PM GMT+7  

Sebenernya saya juga pengen pasang related post di bawah postingan tapi blog uda terlanjur terlalu berat isi Adsense...kasian pengunjungnya buka lama

Dasril Iteza Friday, March 11, 2011 at 8:50:00 PM GMT+7  

ya, saya perhatikan juga wajah blog tabuhbali ada adsense-nya dibawah postingan. mungkin kalau boleh saya menyarankan untuk menghapus adsense dibawah postingan sehingga anda bisa memasang scrip related arsticles.... ini hanya saran saja..

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs