6 (enam) Alasan buat anda untuk mengunjungi Belitung Island

Belitung atau Belitong atau Billiton atau Belitung Island akan menunjukkan kepada anda semua bahwa saat mengunjungi pulau ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai-pantai yang sangat spektakuler, menakjubkan, amazing atau bahasa lain yang sejenis untuk membuktikan keindahan pantai-pantai wisata yang ada di Belitung. Belitung memang memiliki beberapa kawasan istimewa yang sangat pas sebagai tujuan wisata atau menikmati liburan dengan keluarga atau orang tersayang anda. Sudah tidak terhitung jumlah turis baik dari domestik maupun foreign tourist, memiliki kenangan yang indah saat mengunjungi Belitong. Pantai-pantai wisata di Belitong memiliki pasir putih halus dan air laut yang jernih. Sempurna! Belitong juga memiliki gugusan bebatuan granit yang jarang-jarang ditemukan ditempat lain di planet Bumi ini.

Kalau lebih detail lagi, berikut ini merupakan beberapa dari sekian banyak alasan bagi anda semua untuk berkunjung ke Pulau Belitung …

(1). Mudah Sekali di Jangkau. Bagi anda semua yang sudah pernah mengunjungi tempat wisata lain, coba kalkulasi waktu yang anda habiskan untuk mencapai tempat tersebut. Bagaimana dengan Belitong? Anda orang Jakarta atau anda seorang turis asing hanya membutuhkan waktu sekitar 45 – 50 menit dengan penerbangan langsung dari Jakarta. Ada 2 (dua) maskapai yang bisa anda gunakan untuk mengunjungi Belitung, yaitu Sriwijaya Air dan Batavia Air.

(2). Biaya. Bagaimana dengan biaya memakai jasa Airline tersebut? Normalnya biaya yang mesti anda keluarkan untuk mencapai Belitong sekitar Rp.400.000,-. Namun kalau lagi beruntung, anda bisa mendapatkan harga tiket pesawat murah hanya sekitar Rp.250.000,-an. Jika sudah datang di Belitung, anda bisa menyewa rental mobil hanya dengan biaya sekitar Rp.400.000,-an. Makanan di Belitong, bisa anda nikmati sambil menikmati keindahan panorama pantai dengan biaya sekitar Rp.150.000,-an/ porsi. Ini bisa anda temukan di beberapa kawasan wisata seperti Pantai Tanjungkelayang dan Pantai Tanjungtinggi. (Catatan: biaya-biaya tersebut tidak baku, karena bisa berubah setiap saat dengan berbagai pertimbangan).

(3). Pantai-pantai wisata di Belitong berpasir putih halus. Dengan kualitas pasir laksana gula, memang pantai-pantai wisata di Belitong memiliki warna putih halus. Anda jangan heran, karena Belitong merupakan pengekspor pasir silica sebagai bahan dasar pembuatan gelas atau kaca. Bukan tidak mungkin kalau kaca yang terpasang dirumah anda itu bahan pasirnya dari Belitong. Hehehehe..

Oh iya, coba bandingkan dengan pantai wisata daerah lain, misalnya pasir pantai di Bali! Saya banyak sekali menemukan tulisan atau pendapat-pendapat yang beredar diinternet tentang kualitas pasir pantai yang ada di Bali dengan dibandingkan Belitong. [Mohon maaf] Tapi meraka sangat memuji kualitas pasir pantai yang ada di pantai-pantai wisata di Belitong.

Sekedar info buat anda, bahwa Malaysia dan Singapura bahkan mengimpor pasirnya dari Belitong ini guna membangun pantai-pantai buatan di Negara-negara tersebut. Mengapa bukan dari Bali? Padahal semua sepakat bahwa Bali merupakan kiblat pariwisata Indonesia, atau kenapa bukan dari Lombok, Hawaii atau daerah lainnya? jawabannya hanya satu, yaitu: Kualitas!!

(4). Belitong memiliki gugusan bebatuan granit yang indah, unik sekaligus misterius. 100% keunikan ini mungkin hanya bisa anda temukan di Belitong saja. Tidak di tempat lain! Bebatuan granit di Belitong akan membuat benak anda dihujani pertanyaan misteri: “darimana batu-batu granit raksasa ini berasal?” Dan kalau anda melihat formasinya, di benak kalian mungkin akan muncul pertanyaan seperti ini: “Benarkah gugusan bebatuan ini hasil dari bentukan alam? Atau tangan manusia yang membentuknya?” Sebagai info buat anda, Belitong tidak memiliki gunung vulkanik yang akan meletus dan memuntahkan bebatuan raksasa. Dan terkait dengan formasinya, coba bayangkan oleh anda sendiri apakah memang benar tangan-tangan “urang Belitong” yang menyusunnya sehingga membentuk formasi yang indah dan unik. Bro and sis, tidak cuma unik dan indah namun 100% misterius.

Ada beberapa formasi bebatuan granit seolah memvisualisasikan bentuk hewan. Formasi bebatuan granit berbentuk hewan ini bisa anda jumpai di kawasan Pantai Wisata Tanjungkelayang. Formasi yang tersusun secara misterius ini membentuk sosok kepala burung (bagai orang Belitong, burung ini dinamakan Kelayang – inilah yang mendasari nama pantai wisata Tanjungkelayang).

(5). Belitong banyak dikelilingi oleh pulau-pulau kecil. Bukan hanya sekedar pulau kecil biasa, namun merupakan sebentuk tempat wisata yang bisa anda eksplorasi. Tercatat kurang lebih sekitar 189 pulau-pulau kecil yang mengelilingi Belitong. Disalah satu sisi kawasan Desa Nelayan Tanjung Binga, beberapa pulau kecil bisa anda saksikan atau anda datangi. Pantai-pantai di beberapa pulau kecil ini berkombinasi antara pasir putih dan bebatuan granit. Salah satu pulau kecil yan banyak sekali dikunjungi turis asing dan domestik adalah Pulau Lengkuas. Di pulau ini berdiri sebuah menara tua yang dibangun oleh Belanda sekitar abad 19. Pulau-pulau kecil lain yang bisa dikunjungi diantaranya pulau Burung, Pulau Babi, Pulau Lutung dan beberapa lainnya.

(6). Alasan lainnya adalah karena Laskar Pelangi. Tidak bisa dipungkiri, Belitong yang sudah terkenal semakin dikenal karena meledaknya Novel dan Film Laskar Pelangi. Beberapa pengunjung Belitong banyak yang ingin berjumpa dengan sosok jenius bernama Lintang, Ibu Guru Muslimah dll, seperti yang diceritakan dalam Novel tersebut. Mungkin ini bisa menjadikan alasan tambahan buat anda semua untuk mengunjungi Belitong, setelah berlangsungnya Sail Indonesia 2010 di Pantai Wisata Tanjungkelayang beberapa waktu yang lalu dan Turnamen Volly Pantai 2010 Tingkat Asia Pasifik yang juga telah selesai berlangsung beberapa waktu yang lalu dengan bertempat di Pantai Wisata Tanjungpendam!

Hanya tersisa bebera bulan lagi, Belitung dan Wakatobi akan menjadi tuan rumah Sail Indonesia 2011 dengan subtitle Sail Wakatobi-Belitong 2011 (Sail Wa-Be 2011). Ini menarik untuk disaksikan, bukan?

Itu hanyalah beberapa dari sekian banyak alasan untuk mengunjungi Belitong. Mungkin juga anda yang ingin mengunjungi Belitong adalah untuk menjajagi peluang usaha atau berbisnis di Belitong ini.

-------------------------------------------------------------------------------------



4 comments :

redruby Saturday, March 12, 2011 at 11:47:00 PM GMT+7  

thanks for the visit..wish to visit ur place in the future...but with photos here, it is better..

Dasril Iteza Sunday, March 13, 2011 at 6:56:00 PM GMT+7  

Yeah..... i think so.

tomy Saturday, May 7, 2011 at 12:26:00 AM GMT+7  

semoga pariwisata belitung semakin maju..

Dasril Iteza Saturday, May 7, 2011 at 9:58:00 AM GMT+7  

@ tomy......

makasih atas comment-nya... meskipun diatas saya membahas Belitung, namun sejatiny dari lubuk hati terdalam saya juga ingin seluruh daerah di Indonesia ini pariwisatanya maju, maju dan maju!

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs