Cara Menghilangkan Broken Links dan Error pages

Broken Links yang menghasilkan “Page Not Found” atau “Halaman Tidak Ditemukan" merupakan pesan kesalahan yang sebenarnya berbahaya bagi blog kita. Dampak dari broken link ini bisa mengurangi efisiensi mesin pencari dalam crawling halaman demi halaman blog kita yang berarti bahwa beberapa konten konten kita mungkin tidak tercantum (atau diindeks) di database mesin pencari atau bisa juga karena disebabkan oleh kesengajaan kita yang menghapus konten tersebut, akan tetapi mesin pencari sudah terlanjur mengindeksnya dalam database mereka dan dimana sat ada pengunjung yang melakukan pencarian, saat mereka mengklik link yang tampil pada SERPs, alhasil adalah Page Not Found!

Broken Links dan Error pages menciptakan kesan yang sangat negatif dan tidak profesional kepada pengunjung, sering menyebabkan pengunjung langsung pergi dan tidak kembali lagi!

Hal yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah secara teratur memeriksa blog untuk apakah Error pages-nya ada atau tidak. Tool SEO bisa kita gunakan sebagai alat untuk membantu kita menemukan Broken Links dan Error pages tersebut.

Jika kita telah membuat sitemap pada Google Webmaster Tool, maka kita bisa memeriksa Broken Links dan Error pages pada Google webmaster tool tersebut sekaligus menhapusnya. Caranya adalah sebagai berikut:

Login ke Google Webmaster Tool (www.google.com/webmasters/tools/)

Pada menu dashboard, anda pilih crawler access

Kemudian, pada tab crawler access tersebut pilih remove url dan dibawahnya anda klik tombol new removal request kemudian masukan URL broken link atau halaman page not found anda dan klik continue.


Selanjutnya muncul halaman pemberitahuan URL broken dan anda diminta untuk memberitahu alasan penghapusan url tersebut. Tersedia tiga pilihan, namun saya menyarankan anda untuk memilih alasan yang pertama yaitu Remove page from search results and cache setelah itu lanjutkan dengan mengklik tombol submit request.


Google tidak langsung seketika menghapus url broken tersebut, namun masih mem-pending-nya. Namun kita tidak perlu cemas, url tersebut pasti akan dihapus oleh Google untuk selamanya!

Sampai disini, proses pun selesai dan anda hanya tinggal menunggu saja bahwa url broken tersebut akan musnah selamanya.

Jika memang memiliki cukup banyak halaman broken link, anda bisa mengulangi untuk semua URL broken link anda.

Gunakan tool dari Google webmaster untuk menghapus broken links halaman anda. namun, anda akan dihadapkan pada kerja keras dan waktu yang cukup lama jika memang blog anda memiliki banyak sekali URL broken link atau error pages, karena sampai saat ini Google belum memiliki cara yang praktis untuk menghapus URL broken links atau page not found kita sekaligus.

Jadi jangan buat aktivitas SEO blog anda terganggung hanya karena broken links yang disengaja. Jika memang demikian, segerah dihilangkan, agar proses SEO berjalan secara natural.

Good Luck and happy blogging!

-------------------------------------------------------------------------------------



4 comments :

Blog Tutorial Untuk Indonesia Thursday, September 8, 2011 at 9:49:00 AM GMT+7  

Thanks for tipsnya...keep blogging

download gratis Wednesday, November 2, 2011 at 3:04:00 PM GMT+7  

trims gan infonya sangat membantu.

masita Thursday, November 1, 2012 at 6:22:00 PM GMT+7  

Sampai sekarang saya juga kesulitan menghapus error link tersebut, caranya mesti manual dan satu per satu. Seandainya saja ada cara cepatnya...

Dasril Iteza Thursday, November 1, 2012 at 10:28:00 PM GMT+7  

@masita,

apa boleh buat...

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs