Cara mengetahui apakah blog sudah terindeks pada mesin pencari utama sekaligus

Cara optimasi SEO yang kita gunakan pada mesin pencari utama seperti Google, Yahoo! dan Bing, tujuannya bukan lain adalah agar blog bisa terindeks sesempurna mungkin pada mesin-mesin pencari diatas. Google dan Bing, memiliki fasilitas sitemap yang memungkinkan seluruh halaman blog bisa terindeks, lain halnya dengan Yahoo! yang hanya menyediakan fasilitas submit URL dan feed yang dilanjutkan verifikiasi kode.

Cara-manual, kita sering membuka Google, Yahoo! dan Bing untuk mengecek indexing blog pada ketiga search engine tersebut satu demi satu. Hal ini tentu saja memakan waktu.

Sebenarnya ada cukup banyak search engine di internet yang bisa membantu apakah sebuah blog sudah terindeks di Google, Yahoo! dan Bing sekaligus. Salah duanya adalah excite.com dan infospace.com.

Baik excite.com maupun infospace.com, keduanya merupakan search engine, namun hasil pencarian dari kedua search engine tersebut hanyalah menampilkan halaman situs/ blog yang telah terindeks di Google, Yahoo! dan Bing.

Sebagai contoh:

Judul blog saya ini adalah “Blog Dasril Iteza” dan saya coba memasukkanya ke infospace Search engine, hasilnya adalah seperti dibawah ini:


Infospace search engine menampilkan hasil bahwa Blog Dasril Iteza, sudah terindeks di Google dan Bing, namun tidak untuk Yahoo!.

Bagaimana dengan excite search engine?


Ternyata excite search engine menganggap Blog Dasril Iteza hanya terindeks di Google dan Yahoo! saja, namun tidak terindeks di Bing.

Lantas, mana yang akurat? Infospace.com atau excite.com?

Pada intinya, dan mungkin sedikit patut untuk berbangga, bahwa Blog Dasril Iteza telah terindeks dengan sempurna di Google, Yahoo! maupun Bing.

Dua search engine diatas hanyalah sample untuk mengevaluasi keberhasilan dari Optimasi SEO yang selama ini saya lakukan pada 3 search engine utama dunia. Melihat hasil yang ditampilkan, setidaknya sebentar lagi saya bisa tidur dengan lelapnya... kerena rupanya sang waktu telah menunjukkan pukul 02.12 AM (Pagi)!

Oh iya, Bagaimana dengan blog kalian? Apakah sudah mencoba kedua search engine diatas dan bagaimana hasilnya?

-------------------------------------------------------------------------------------



1 comments :

Cuantik Djelita Pacarku Friday, September 23, 2011 at 7:43:00 PM GMT+7  

salam kenal mas, saya sekarang membuat blog untuk pacar saya. gimana ya agar no 1 di search engine. ya halaman 1 sudah okelah mas

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs