Situs-situs terbaik berbasis Google Maps

Google Maps adalah layanan peta dari Google yang ditampilkan dalam web browser. Pengguna dapat menampilkan peta standar atau custom, bergantung pada lokasinya. Ada banyak hal yang didukung oleh Google Maps, diantaranya mendukung pencarian alamat, info bisnis, informasi kontak, dan rute perjalanan.

Layanan API atau Application Programming Interface yang disediakan Google, memberikan sejumlah utility untuk manipulasi peta serta menambahkan content kedalam peta.

Layanan API tersebut cukup banyak dimanfaatkan oleh website-website dalam manyajikan peta berikut penambahan content-nya namun tetap berbasis Google Maps.

Berikut ini adalah beberapa situs-situs terbaik yang berbasiskan Peta Google Maps:
  • Panoramio.Com – Panoramio merupakan layanan penyimpanan photo di internet. Dukungan Google Maps-nya untuk fitur tagging dan penentuan lokasi pengambilan photo (lokaso pemotretan); 
  • Wikimapia.Org – wikimapia merupakan perpaduan dari Wikipedia dan Maps. Pengguna pun dapat menambahkan informasi dalam bentuk notes pada lokasi manapun di bumi ini dalam peta. Ada jutaan lokasi/ tempat yang sudah teridentifikasi di seluruh dunia semuanya terhubung dengan peta yang tentu saja berbasiskan Google Maps; 
  • Flood.firetree.net – isu Global warming yang salah satunya adalah naiknya air laut kedaratan. Jadi, bagaimana kalau seandainya permukaan air laut tersebut naik? Flood.firetree.net yang berbasiskan peta dari Google Maps, dimana kita bisa melihat berbagai kawasan di dunia ini lengkap dengan ketinggian permukaan lautnya.
Ada cukup banyak sebenarnya layanan berbasiskan Google Maps berdasarkan fungsinya. Namun tiga situs diatas merupakan contoh situs yang memanfaatkan API Google untuk menambahkan content pada peta serta manipulasi peta.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker