Cara meningkatkan pendapatan AdSense dengan niche content satu pokok bahasan

Sudah sangat lama hal ini saya ketahui, namun sekiranya baru-baru ini saya benar-benar membuktikannya. Pendapatan dari iklan Google AdSense memang bisa ditingkatkan apabila kita memiliki situs blog dengan niche content yang fokus alias bukan blog dengan konten campursari!

Pembuktiannya, saya memiliki sebuah blog yang khusus membahas satu topik tertentu. Melihat iklan yang muncul, sangat senang rasanya karena memang sangat relevan dengan konten blog tersebut. Alhasil klik valid pun menjadi berlipat ganda dan pendapatan pun semakin meningkat. Bisa saya katakana iklan Google AdSense saya tiada hari tanpa klik. Paling sial, saya mendapatkan satu klik valid dalam sehari. Lebih menyenangkan lagi, jika lalu lintas blog semakin tinggi, maka terkadang saya mendapatkan klik sebanyak 4 keatas dalam seharinya. Lumayanlah!

Mengapa demikian? Sederhana sekali jawabannya, algoritma Google AdSense mamang dirancang untuk menampilkan iklan-iklan relevan dengan pokok bahasan dan Google AdSense pun terus meningkatkan kinerjanya agar iklan yang relevanlah yang hanya akan muncul. Jika sudah demikian, pengujung menganggap iklan tersebut merupakan bagian dari konten atau berupa referensi lebih lanjut.

Misalnya, kita memiliki situs blog yang khusus membahas Wisata, sudah pasti AdSense yang muncul adalah iklan yang relevan dengan wisata tersebut. Tidak mungkin iklan yang muncul adalah iklan marketing atau forex, bukan? Ahh, agan-agan semua sudah tahu itu!

Namun coba bandingkan dengan kita yang memiliki situs blog dengan pokok bahasan yang lebih dari satu dalam satu blog. Terkadang Iklan menjadi tidak relevan, dan memunculkan keenganan bagi pengunjung untuk melakukan klik valid.

Agan-agan semua, disamping Blog Dasril Iteza ini, saya juga memiliki satu blog lain yang dengan fokusnya membahas suatu topik, iklan yang muncul adalah relevan dengan konten dan inilah yang saya harapkan. Lebih jauh dari itu, dengan fokus pada satu niche, saya merasa sangat ditolong oleh mereka-mereka yang dengan tulus ikhlas melakukan klik valid karena melihat iklan adalah bagian dari konten blog yang niche content-nya terfokus!

So, bagaimana dengan blog campursari bro Dasril Iteza? Saya tidak tahu mesti menjawab bagaimana. Hanya saja saya ikut mendoakan semoga ada keajaiban setiap hari menyertai blog campursari anda.

By the way, jika agan-agan masih sukar untuk mencerna maksud artikel saya diatas, please feel free untuk menuliskannya pada box komentar dibawah dan ingat, tulisan ini tiada maksud untuk mengajari dan atau apalagi menggurui. Tulisan ini hanyalah sekedar sharing dari pengalaman saya kepada anda-anda semua kaum pemilik akun AdSense. Lebih dari itu, ini adalah fakta yang saya dapatkan meskipun nantinya boleh-boleh saja anda merasa tidak setuju...

-------------------------------------------------------------------------------------



32 comments :

rudy santoso | blogger cilacap Saturday, August 25, 2012 at 2:36:00 AM GMT+7  

Maksih gan tips nya,memang betul skali kita hrus buat blog dengan 1 konten

Super Gaptek Wednesday, September 12, 2012 at 11:48:00 AM GMT+7  

ya maksimal 2 niche lah, hehehe sukses Mas.

Dasril Iteza Wednesday, September 12, 2012 at 12:14:00 PM GMT+7  

@rudy santoso: bang @Super Gaptek: melakukan penawaran tuh menjadi 2 niche...

:)

Ghufron Tuesday, September 18, 2012 at 5:08:00 PM GMT+7  

Satu niche itu mudah tapi sulit. Mudahnya karena hanya satu. Sulitnya karena sang admin harus benar2 faham dengan niche yang dipilihnya. Oleh karena itu, perlu mempertimbangkan berbagai hal sebelum menentukan niche blog. Termasuk diantaranya apakah niche yang sedang dipertimbangkan tersebut banyak dicari atau tidak. :)

CMIIW

Salam Blogger!

Dasril Iteza Tuesday, September 18, 2012 at 11:06:00 PM GMT+7  

@Ghufron,

sudah barang tentu itu bro Ghufron, btw, kemana domain Ghufron.com-nya?

Annisa Fatin Saturday, September 29, 2012 at 4:24:00 PM GMT+7  

benar bro , denan satu topik bahasan , iklan yang muncul bisa tertarget dan nilai klik iklan ini biasanya lebih tinggi dari iklan random.slam kenal

Wen Wednesday, October 3, 2012 at 1:55:00 AM GMT+7  

Saya newbie di Google Adsense, thanks infonya menambah wawasan saya.

Nia Monday, October 22, 2012 at 11:00:00 PM GMT+7  

Thanks infonya sob :)

Dasril Iteza Thursday, October 25, 2012 at 4:35:00 PM GMT+7  

@Annisa Fatin:
nah kan... hal inilah yang sebenarnya dicari-cari oleh penayang AdSense diseluruh dunia....

@Wen:
saya juga masih newbie mas bro :)

MuhaiminAbd Thursday, November 1, 2012 at 1:55:00 PM GMT+7  

Niche content memang sangat menunjang dan berpengaruh besar terhadap pendapatan Adsense.. Sudah banyak teman yang membuktikan hal tersebut...

Dasril Iteza Thursday, November 1, 2012 at 10:31:00 PM GMT+7  

@MuhaiminAbd....

sekarang waktunya kita yang "bermain" dan membuktikannya....

uda3mau Monday, November 26, 2012 at 7:22:00 AM GMT+7  

niche content...memang menghasilkan konversi klik dollar yg valid...blog campursari juga bnyk yg ngeklik...tapi nilai kliknya lebih kecil dari niche content...

Dasril Iteza Friday, November 30, 2012 at 10:52:00 AM GMT+7  

benar sekali & itulah adanya :)

Anonymous Friday, December 14, 2012 at 11:01:00 PM GMT+7  

Wahhh... Tips tentang cara meningkatkan pendapatan Adsense ini sangat lengkap
Kayaknya saya harus coba.
Siapa tau tips ini manjur buat saya.
Terima kasih telah sharing dan salam kenal.

Dasril Iteza Friday, December 14, 2012 at 11:27:00 PM GMT+7  

Silahkan lanjutkan perjuangan bro mas :)

Salam kenal juga!

author Friday, December 21, 2012 at 5:54:00 AM GMT+7  

Untuk semua blog milik mas, apakah hny menggunakan satu akun adsense??

Dasril Iteza Saturday, December 22, 2012 at 1:05:00 AM GMT+7  

@Jez....

Ya bener sekali!

Clubde Jepret Wednesday, January 23, 2013 at 7:46:00 PM GMT+7  

Mungkin dengan cara mengembangkan ke tempat lain seperti web orang lain atau fasilitas yang disiapkan oleh beberapa situs seperti unwall(situs jejaring sosial) dimana disini kita bisa menempatkan kode iklan google adsense kita sehingga akan tampil diprofil kita, efeknya dimana.? ketika akun kita yang mempunyai ribuan pengikut maka ketika sekali kita membuat status dijejaring sosial ini maka akan ribuan juga akan melihat status diprofil kita dan akan meningkatkan jumlah iklan yang tampil dan kemungkingannya akan lebih besar. mungkin bisa dilihat jadi ketika kita kehabisan artikel untuk menulis sesuatu di blog, maka dengan hanya menulis seuatu kegiatan anda di status unwall maka reviews iklan anda meningkat karena banyaknya pengikut dijejaring sosial satu ini... tapi syaratnya bergabung dulu ya....

Dasril Iteza Wednesday, January 23, 2013 at 9:23:00 PM GMT+7  

@Clubde Jepret...

saya hanya mencoba untuk mendeskripsikan sepengetahuan saya pribadi terhadap penguatan nice konten pada blog dalam rangka usaha meningkatkan pendapatan adsense.

Perkara unwall, saya belum tahu jadi saya belum berani bicara banyak!

Oyong Hairudin Sikumbang Wednesday, February 20, 2013 at 5:20:00 PM GMT+7  

Terima kasih atas informasinya mas.
Sangat bermanfaat.
Bagi saya yang masih baru dalam dunia adsense

Dasril Iteza Monday, February 25, 2013 at 12:17:00 AM GMT+7  

@Oyong Hairudin Sikumbang...

sebenarnya adsense sendiri memiliki panduan yang sempurna bagi siapa pun yang ingin main adsense,, btw,, trims atas kunjungannya..

sukses adsense ya bro!

Permadi Friday, March 1, 2013 at 9:28:00 PM GMT+7  

Bner Sob, emang biasanya kalo fokus satu topik saja, pasti iklannya selalu relevan, nilai klik pun lumayan, cuman masih bingung nih cara nyari traffic melalui Search Engine, masih berusaha terus. . .Trims udah berbagi pengalaman. .salam kenal

Dasril Iteza Saturday, March 2, 2013 at 11:59:00 AM GMT+7  

@Permadi ...

saya juga sama seperti anda, kelihatannya kita mesti banyak belajar biar cakap untuk mencari traffic lewat search engine... mungkin pengunjung lainnya akan berbagai pengalaman dengan kita lewat komentar2nya...

Orat-Oret Sunday, March 17, 2013 at 8:15:00 PM GMT+7  

Benar. Blog campursari memang sering menghasilkan adsense yang tidak relevan..

Dasril Iteza Thursday, June 13, 2013 at 12:09:00 AM GMT+7  

Orat-Oret...

asalkan selalu dapat banyak klik valid setiap harinya.... maka campursari hanya tinggal cerita

ahmad khalidy Thursday, October 10, 2013 at 11:36:00 AM GMT+7  

kalo agan sudah berapa penghasilan GA sebulan,,?

Dasril Iteza Friday, October 11, 2013 at 12:25:00 AM GMT+7  

@ahmad khalidy.....

hehhe mohon maaf ya gan, gak enak kalo bicarakan nominal, yang pasti beberapa waktu lalu saya sudah mencairkan adsense di kota saya vis WU.... meski demikian, saya pun masih terseok2 dalam optimasi adsense dan peningkatan earningnya gan....

Raihan Sunday, March 30, 2014 at 2:55:00 AM GMT+7  

Terima kasih atas infonya, Gan. Saya punya blog kesehatan yang dipasangi iklan adsense, tapi kok bisa muncul iklan tiket pesawat, ya? Mohon pencerahannya, saya belum tahu banyak soal adsense, baru tujuh bulan melakukan monetize.

Dasril Iteza Monday, August 18, 2014 at 11:33:00 AM GMT+7  

@Raihan ...

tambahkan salurannya gan biar lebih tertarget... selebihnya biarkan saja hingga adsense meresapi konten anda yang membahas satu nice kontent aja yaitu tentang kesehatan

Ahmad Tauhid Thursday, February 19, 2015 at 7:33:00 AM GMT+7  

nice posting gan. :)

Dasril Iteza Thursday, February 19, 2015 at 6:07:00 PM GMT+7  

@Ahmad Tauhid

keep blogging, gan.....................

Dasril Iteza Thursday, February 19, 2015 at 6:08:00 PM GMT+7  

@Nia ...

Sama2 mbak.... Keep blogging & happy blogging :)

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker