Tunjangan Hari Raya : THR Lebaran

Dalam bulan suci Ramadhan ini (dan biasanya setiap Bulan Suci Ramadhan), salah satu topic yang ramai dibicarakan orang adalah Tunjangan Hari Raya atau lazim disebut THR. Tunjangan Hari Raya atau lebih akrab disebut THR merupakan intensif atau sebentuk uang yang diberikan oleh perusahaan pada karyawannya saat hendak menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran atau hari raya keagamaan lainnya.


Bagi para karyawan suatu perusahaan, Tunjangan Hari Raya merupak hal yang sangat dinanti-nantikan kemunculan. Berbagai pembicaraan seputar THR mewarnai aktifitas kerja selama Bulan Suci Ramadhan.

Besarnya bayaran THR pun berbeda beda sesuai dengan kebijakan perusahaan itu sendiri tetapi acuannya adalah Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI No. PER-04/MEN/1994 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan. Disamping besaran jumlah, biasanya THR dibagikan seminggu menjelang lebaran. Ini dikarenakan setiap rumah tangga ingin berbenah dan mempersiapkan segala sesuatunya menyangkut tetek bengek Lebaran

Sekarang, Ramadhan telah berjalan hamper setenggahnya. ¾ perjalanan atau seminggu sebelum lebaran adalah saat dimana THR dibagi-bagikan.

Meskipun Tunjangan Hari Raya dilaksanakan setahun sekali, namun menarik untuk dibicarakan apalagi menyangkut Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI No. PER-04/MEN/1994 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan serta hajat idup orang banyak (dalam hal ini adalah karyawan), karena diluar sana pada suatu perusahaan tertentu – pernah terjadi pada saya – ada boss dari perusahaan yang berlaku curang yaitu membayarkan bonus THR tidak sebagaimana mestinya alias menyimpang dari apa yang sudah ditetapkan.

Bagi anda-anda semua yang saat ini sedang menunggu cairnya bonus Tunjangan Hari Raya Lebaran, mudah-mudahan atasan anda tersebut tidak berlaku curang dan mau memberikan THR anda sesuai dengan aturan yang disepakati untuk tercipta rasa nyaman antara kedua belah pihak.

Kira-kira, tahun ini, THR-nya akan dapat berapa ya?

-------------------------------------------------------------------------------------



4 comments :

Unknown Thursday, August 18, 2011 at 2:55:00 PM GMT+7  

saya gak dapat mas..

:D

Dasril Iteza Friday, August 19, 2011 at 7:44:00 AM GMT+7  

waduh....

Eka Saturday, August 20, 2011 at 7:54:00 PM GMT+7  

THR oh THR, berbahagialah yang lagi dapet.......

Dasril Iteza Monday, August 22, 2011 at 9:08:00 PM GMT+7  

@Eka: kayaknya bakalan dapet THR neh. bagi2 kita donk hehhehehhehe

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker