Algoritma Baru Google Agustus 2012, menghukum situs-situs yang melanggar hak Cipta (copyright)

Masalah hak cipta (copyright) semakin diperhatikan oleh raja mesin pencari, Google.

Terbukti beberapa waktu lalu melalui blog resminya, Google senior vice president of engineering Amit Singhal, mengatakan:

Starting next week, we will begin taking into account a new signal in our rankings: the number of valid copyright removal notices we receive for any given site,”
“This ranking change should help users find legitimate, quality sources of content more easily — whether it’s a song previewed on NPR’s music website, a TV show on Hulu or new music streamed on Spotify.

Wajar saja Google akan berbuat demikian – selain dari aduan dari orang/ perusahaan yang menilai hak ciptanya dilanggar – karena mayoritas penjelajah internet seluruh dunia menggunakan Google untuk mencari dan mendownload sesuatu – katakanlah misalnya untuk kata kunci “download mp3”, jika memang situs yang masuh urutan pertama dari kata kucni tersebut adalah melanggar hak cipta, maka situs tersebut akan terpelanting dan yang pasti tidak akan menempati posisi pertama lagi di Google SERPs. Google seolah-olah “membantu” orang untuk mendapatkan konten melanggar hak cipta, bukan?

Secara pribadi saya menyambut hangat apa-apa yang dikerjakan oleh Google terutama yang berkaitan dengan penambahan algoritma baru diatas. Namun saya juga memiliki pertanyaan, apakah pelanggaran hak cipta ini natinya akan menimbulkan efek jera bagi para pemilik situs?

Mereka-mereka yang sudah familiar dengan situs – yang katakanlah melanggar hak cipta – namun jika sesuatu yang mereka cari justru didapat dari situs seperti itu, maka penurunan peringkat bukan maslah lagi. Kenapa? Karena mereka mem-bookmark pada komputer mereka, atau situs tersebut langsung diketik pada address bar tanpa perlu lewat kotak pencarian Google lagi!

Kalau sudah begini, apa pendapat kalian?

-------------------------------------------------------------------------------------



6 comments :

Arsipin Saturday, August 18, 2012 at 9:59:00 AM GMT+7  

kemarin coba2 buat blog baru dengan konten kopas langsung di banned google. katanya sih dianggap spam. google sekarang kejam gan. hehe

Dasril Iteza Sunday, August 19, 2012 at 11:15:00 PM GMT+7  

Google sebenarnya nggak kejam gan (nurut saya sih), asal "nurut" sama aturan mereka beres lah. masalah blog yang dianggap spam tuh bisanya sebuah blog kebanyakan link2-nya gan.... ane jg pernah punya pengalaman kayak gt padahal kontennya bukan hasil copas loh...

salam kenal!

Obat Herbal Penyakit Darah Tinggi Monday, September 24, 2012 at 7:48:00 AM GMT+7  

gimana kalau web kesehatan seperti saya,,pasti kan membutuhkan refernsi dari sumber terpercaya dan perlu adanya copas...apa tindakan saya agat ridk kena tendangan google,,? kalau cantumkan sumber apakah bisa beres?
terima kaish

Dasril Iteza Wednesday, September 26, 2012 at 5:24:00 AM GMT+7  

referensi itu adalah copas seperluanya aja gan, bukan dalam artian copas sepenuhnya artikel orang.....

rahasia sukses Wednesday, October 3, 2012 at 9:50:00 AM GMT+7  

Numpang baca baca gan,,belajar belajar
sukses dengan amal agama

raja dollar Wednesday, November 14, 2012 at 6:39:00 AM GMT+7  

apa sih nama algoritma baru nih..yang kemarinkn pinguin kalau sekarang apa ya?

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs