Blogger-Blogger “pembangkang” dari Vietnam

Cukup lama juga saya tidak membuka Yahoo!, dan baru saja saya coma akses, melihat kebawah pada beberapa artikel, cukup kaget juga rasanya karena ada sebuah artikel tentang Blogger dari Vietnam yang di pidana selam lima tahun.

Apa pasal? Le Thanh Tung, demikian nama sang blogger Vietnam tersebut. Satu pengadilan di Hanoi menjatuhkan hukuman pada Le Thanh Tung karena dianggap melakukan propaganda yang menentang negaranya. Ia dinyatakan sebagai pembangkan negaranya. Artikel-artikelnya berisi Gerakan Kebebasan dan Demokrati Vietnam. Di Vietnam jelas ini dilarang, karena yang bercokol adalah Komunis.

Apa yang terjadi pada Le Thanh Tung, menuai reaksi protes nun jauh di New York, Amerika sana. Kelompok hak asasi manusia yang menamakan dirinya Human Rights Watch yang bermarkas di New York menuduh Vietnam "tidak menoleransi bagi kebebasan berbicara".

Selain Le Thanh Tung, tercatat ada beberapa blogger Vietnam lainnya yang dijatuhi hukuman oleh pengadilan di pemerintah Negara komunis tersebut. Adalah Dinh Dang Dinh, mantan guru berusia 49 tahun dihukum enam tahun penjara atas tuduhan-tuduhan yang sama di provinsi Dak Nong. Selain itu ada juga nama blogger kenamaan Vietnam Nguyen Van Hai, Phan Thanh Hai dan Ta Phong Tan, yang dituduh "mencemarkan partai dan negara".

Benar-benar susah untuk berbicara demokrasi di Vietnam selama komunis masih berkuasa!

-------------------------------------------------------------------------------------



3 comments :

permatanet Tuesday, August 14, 2012 at 7:19:00 AM GMT+7  

saya suka tampilan blog ini, btw terkait artikel diatas, tulisan merupakan salah satu bentuk perjuangan dengan menggunakan akal, lambat laun hasil dari pemikiran mereka bisa menjadi sebuah pergerakan massa yang cukup besar di Vietnam, people power.

Dasril Iteza Tuesday, August 14, 2012 at 9:13:00 PM GMT+7  

Terimakasih... saya setuju dengan anda, suatu hari nanti "wind of change" pasti akan menghampiri Vietnam. so, biarkan waktu yang akan menjawabnya dan sejarah yang akan menorehkannya...

wawanabah Wednesday, October 9, 2013 at 3:24:00 PM GMT+7  

Trimakasih atas tampilan blognya, suatu perjuangan yang tiada lelah telah menginspirasi nalar dengan perlahan namun pasti akan terwujud dalam bentuk masal yang lebih luas di Vietnam, sehingga anak cucunyalah yang akan menilai betapa hebatnya pemikiran mereka di kemudian hari. Love for all,hatred for none.

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs