Blog yang ideal adalah…

Dasril Iteza - Blog yang ideal. Mungkin tiap hari kita browsing internet untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Seiring dengan itu banyak sekali website yang menyediakan informasi – beragam informasi yang mungkin saja dibutuhkan. Akan tetapi tidak hanya website semata yang meramaikan dunia internet, tetapi juga ada blog-blog yang tidak kalah dengan website dalam hal menyajikan konten informatif dan bahkan inspiratif. Hanya saja sama seperti website, ada jutaan blog yang bertebaran di jagad internet.

Sejak kata blog atau weblog mulai diakui dunia beberapa tahun silam, pekembangan blog semakin semarak dan hal ini sejalan dengan ditunjang oleh berbagai platform penyedia jasa blog, dari gratisan hingga yang berbayar.

Blog bukan sekadar diary online. Bagi para pemburu informasi, terkadang blog banyak menyediakan informasi bermanfaat dan terkadang bagi para pelanggannya blog seperti ini adalah blog yang ideal.

Ideal adalah relatif, hanya saja kalau saya boleh berpendapat, menurut saya blog ideal tersebut harus memiliki berbagai persyaratan sebagai berikut:
  • Mampu memberikan konten informasi yang dibutuhkan oleh mereka yang memang sangat membutuhkan informasi tersebut;
  • Mampu bertengger minimal 10-20 besar halaman hasil pencarian Google (dan mesin-mesin pencari besar lainnya) tentunya dengan cara-cara bersih dan bukan manipulasi (SEO friendly),
  • Memiliki konten dengan nilai inspiratif,
  • Artikelnya diposting sesering mungkin sehingga terlihat dan berkesan keseriusan untuk blogging,
  • Memahami pengunjung lewat gaya tulisan sehingga pengunjung menikmati buah karya yang diposting dalam blog,
  • Responsive terhadap pertanyaan dan masukan sehingga tercipta kesan interaktif dan pengunjung merasa dihargai,
  • Totalitas baik interface maupun hal-hal teknis lainnya mutlak harus user/ reader friendly.

Memang tidak gampang untuk mengemas sebuah blog menjadi blog yang ideal, apalagi yang akan menilai adalah pengunjung, oleh sebab itu bagaima menurut sobat blogger semua?

Bagaimana kaca mata anda tentang blog ideal?

Atau poin-poin diatas masih kurang dan menurut anda mesti ditambah?

Tidak berniat maksud untuk mengguri, hanya saja ini adalah kebebasan saya dalam berpendapat, so silahkan share pada kotak komentar dibawah.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs