Cara Menghasilkan Foto Berkualitas Tinggi

Dasril Iteza - Dunia fotografi telah menarik banyak orang untuk berkecimpung, baik secara amatir maupun yang serius menekuninya alias professional. Beragam gadget kamera digital dari yang “biasa-biasa saja” hingga yang kelas berat dengan hasil yang mengagumkan. Berbagai sharing tips dibagikan oleh banyak fotografer untuk menghasilkan foto-foto jepretan berkulitas tinggi. Bukannya dituduh tidak mau ketinggalan, dan bukan pula saya seorang fotografer handal professional, namun kiranya sejenak luangkan waktu anda untuk membaca berbagai tips cara menghasilkan foto-foto berkualitas tinggi karena siapa tahu, ada beberapa hal dibawah ini yang berguna bagi kita semua.

Kecerahan (Exposure Value)

Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas hasil foto adalah Kecerahan (Exposure Value, EV). Biasanya nilai EV pada setiap kamera digital dapat diatur sesuai dengan kondisi lingkungan pada saat pemotretan. Waktu terbaik pengambilan foto diluar ruangan adalah antara pukul 09:00 sampai sebelum pukul 11:00 pada cuaca cerah.

Pada waktu-waktu tersebut kita tidak perlu melakukan pengubahan pengaturan, kecuali jika cuaca agak mendung, sehingga kondisi lingkungan lebih gelap dari biasanya. Anda dapat berlatih menggunakan fasilitas pengaturan EV ini, dengan menggunakan tampilan pada LCD dan membandingkannya dengan hasil foto-foto yang anda buat selama ini. Jika sudah terbiasa, Anda akan semakin berpengalaman dan mengetahui bagaimana melakukan pengaturan EV disesuaikan dengan kondisi pencahayaan lingkungan.

Sumber Cahaya (White Balance)

Setiap kamera diharapkan dapat menghasilkan foto dengan warna yang sesuai atau mendekati warna asli dari obyeknya. Tetapi jika sumber cahaya yang digunakan berbeda, tentu saja warna yang terlihat akan tidak sesuai.

Misalnya benda berwarna biru dilihat dibawah lampu pijar, tentu akan ada perbedaan jika kemudian dilihat dibawah lampu neon (fluorescent). Karena itu kamera digital dilengkapi dengan fasilitas untuk melakukan kompensasi sumber cahaya, agar hasil foto selalu memberikan kualitas warna mendekati warna asli obyek, walaupun sumber cahayanya berbeda.

Aturlah tombol Setting pada kamera digital anda ke arah kanan atau kiri (atau mungkin keatas dan kebawah – sesuai dengan kamera anda), kemudian tekan OK untuk menetapkan pilihan dan mulai mengambil foto.

Menggunakan Lampu Kilat

Lampu kilat digunakan sebagai sumber cahaya tambahan jika kita melakukan pemotretan di tempat yang gelap. Lampu kilat dirancang untuk efektif pada jarak 1.2 m ~ 2.7 m atau bahkan lebih yang semua itu tergantung pada kemampuan kamera anda. Pada jarak yang terlalu dekat, cahaya yang diterima kamera akan terlalu terang sehingga obyek akan kehilangan warna aslinya. Sedangkan pada jarak yang terlalu jauh, obyek akan kekurangan cahaya sehingga hasil foto akan menjadi gelap.

Menggunakan Fasilitas Macro

Fasilitas Macro adalah kemampuan kamera untuk mengubah pengaturan jarak fokus lensa, sehingga kamera dapat mengambil gambar obyek pada jarak dekat dengan hasil foto yang tajam.

Intinya adalah semua tergantung pada kemampuan (baca = kecanggihan) kamera anda. Meski demikian, kiranya kemampuan orang yang menggunakan kamera digital tersebut juga sangat mendukung dalam menghasilkan foto-foto bagus dan berkualitas!

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

Anonymous Monday, June 17, 2013 at 10:50:00 AM GMT+7  

thanks infonya........

Dasril Iteza Thursday, January 5, 2017 at 9:33:00 PM GMT+7  

semoga bisa berguna buat kita semua

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs