Sekilas kamera digital

Dasril Iteza - Kemajuan teknologi foto dari kamera digital sekarang ini memacu fotografi sangat cepat sekali. Jika dulu kita teringat, kamera berukuran sebesar mesin jahitan dan hanya bisa menghasilkan gambar (foto) yang tidak terlalu tajam detil, berkat kemajuan teknologi sekarang ini, kamera digital berukuran sebesar dompet saku pria dan mampu membuat foto super tajam dalam ukuran sebesar majalah bahkan sebesar poster!

Sekarang ini sama-sama kita sepakati bahwa kemajuan tekonlogi digital telah menjadikan proses fotografi jauh lebih cepat dan jauh lebih tajam dari sebelumnya. Hasil bidikan yang baru saja dilakukan oleh sang fotografer dilapangan menggunakan kamera digital, sudah langsung dapat dilihat dan dinikmati siapapun dan dimanapun diseluruh dunia melalui internet. Keunggulan utama kamera digital karena hasil berupa gambar (image) dapat disimpan dalam komputer. Dilengkapi dengan layar Liquid Crystal Display atau lebih familiar ditelinga kita dengan singkatan LCD, kamera digital menjadi bertambah praktis. Pengguna kamera digital tidak perlu lagi bersusah payah dengan mengintip atau memicingkan sebelah mata untuk mengabadikan sebuah momen yang dikehendaki. Karena, pengguna kamera digital hanya perlu melihat dari layar LCD tersebut untuk sebuah momen yang akan diabadikan, dengan kedua matanya.

Jika hasil bidikan yang tertera dilayar dirasa tidak memuaskan, maka dapat dengan mudah dihapus dan kemudian diganti dengan memilih sudut pandang lain yang diinginkan untuk memotretnya kembali. Sudah barang tentu cara kerja ‘jepret dan hapus’ tidak memberikan konsekuensi apapun khususnya masalah biaya.

Manipulasi (editing) file gambar pun dapat dilakukan dengan software editing foto tertentu. Pengubahan warna, penggabungan gambar pun sangat mudah dilakukan dengan menggunakan software tersebut.

Foto-foto hasil cetak dari kamera analog dapat juga diolah kedalam bentuk digital, namun perlu dilakukan pemindaian (scanning) terlebih dulu, untuk kemudian hasil pindaian itu berupa image digital yang siap disunting sesuai kehendak hati.

Bahwa kemajuan teknologi kamera digital telah menjadikan bidang ini lebih banyak digemari. Kemudahan dan kesempatan untuk menghasilkan foto yang baik juga membuat bidang fotografi telah dijadikan hobi oleh banyak kalangan.Dasril Iteza)

-------------------------------------------------------------------------------------



3 comments :

Jual Aplikasi Kasir Wednesday, June 5, 2013 at 2:19:00 AM GMT+7  

Gan, mau tanya nih, kamera digital ane hasil jeperetannya ada garis2nya, seperti hasil cetakan printer yg kehabisan tinta. kira2 apanya yg eror?

Catatanku Wednesday, June 5, 2013 at 2:22:00 AM GMT+7  

Memang kamera digital jauh lbh praktis dan lbh hemat, namun perawatannya lumayan sulit.

Dasril Iteza Thursday, June 6, 2013 at 12:16:00 AM GMT+7  

@Jual Aplikasi Kasir...

sepengetahuan saya ada cukup banyak faktor gan, bisa karena dari kamera itu sendiri atau memang tinta printernya sudah menipis saat agan melakukan print out! intinya coba agan cermati kamera-nya mungkin bisa ditemukan 'penyakit'nya.

@Catatanku....

saya setuju dan sepakat, gan!

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs