Iklan Google AdSense merupakan bagian halaman

Dasril Iteza - Format Iklan Google AdSense yang baik adalah iklan yang disetting atau di kustomisasi untuk menjadi bagian dari halaman situs blog itu sendiri dan bukan menyamarkan halam situs blog tersebut. Benarkah demikian? Dan masih relevankah pernyataan diatas? Simak ulasannya dibawah ini!

Kadang-kadang ini merupakan pekerjaan gampang-gampang susah. Gampangnya jika kita sudah memiliki akun AdSense, kita hanya tinggal meng-copy paste script kode iklan AdSense dalam halaman situs blog kita. Susahnya adalah seperti judul diatas. Men-setting tampilan iklan AdSense yang dirancang sedemikian rupa sehingga – oleh pengunjung – dianggap bagian halaman atau link-link yang merupakan bagian dari konten, bukan dianggap sebagai iklan apa lagi menyamarkan halaman situs blog.

Berangkat dari itu semua, para guru AdSense maupun tips optimasi dari Google AdSense sendiri menganjurkan agar kita mensetting tampilan iklan AdSense sama dengan halaman. Misalnya tentang warna background iklan serta garis kota iklan AdSense. Berkunjung ke banyak situs serta blog-blog hebat diluar sana, penerapan iklan AdSense adalah mengikuti anjuran dari para guru-guru AdSense tersebut.

Optimasinya adalah misalkan jika halaman situs blog kita berwarna putih, maka setting-lah warna background AdSense mengikuti warna putih halaman situs blog. Selanjutnya masalah kotak border, dengan beberapa klik kustomisasi, kotak border dapat kita “hilangkan”. Jika sudah demikian hasilnya adalah script kode AdSense yang siap kita tempatkan dan dianggap pengunjung merupakan bagian dari halaman dan atau link-link tersebut dianggap link yang berkaitan dengan halaman.

Namun itu dulu. Sekarang ini tampaknya sudah tidak seperti itu lagi semenjak Google AdSense merubah tampilan iklan, baik iklan teks, maupun iklan link unit membuat apa yang selama ini disarankan oleh para master AdSense bahkan fatwa AdSense sendiri jadi gugur. Silakan saja kawan-kawan cermati tampilan iklan AdSense terutama iklan teks-nya yang sangat jelas Nampak iklan sekali, bukan? Langkah penyettingan atau kustomisasi seperti apapun, iklan AdSense jelas Nampak tidak bisa dijadikan sebagai bagian dari halaman.

Ada teman yang beranalisa bagus yang rasanya saya seperndapat dengan dia, mengapa hal ini bisa demikian? Tentunya jawaban tersebut adalah itu asli murni dan keinginan Google AdSense sendiri. Namun tentu saja kita tidak mau mentah-mentah merima jawaban seperti itu, bukan? Analisa dari teman tersebut adalah yang jelas, konon akan terjadi gelombang banned besar-besaran, secara logika sehat, tampilan iklan seperti itu spesial untuk menurunkan CTR (walau google menyebutnya secara terbalik), nah bagi publisher yang yang CTR-nya tetap atau justru naik maka mudah bagi robot Google untuk menentukan target, setelah itu akan terjadi pembantaian besar-besaran, dan yang tersisa adalah publisher jujur yang CTR-nya rendah/menurun dan semuanya akan berjalan normal kembali.

Kebijakan ini diambil untuk penyeimbangan ekosistem advertiser vs publisher, menaikan CPC (sekarang sudah sangat anjlok), meminimalisir fraud, mengembalikan kepercayaan advertiser, dll. (Special thanks to http://khoiriyyah.blogspot.com)!

Lantas, kira-kira bagaimana tanggapan kalian semua terutama para penerbit AdSense?

-------------------------------------------------------------------------------------



6 comments :

KangFarhan Sunday, March 3, 2013 at 8:49:00 PM GMT+7  

sampai saat ini saya masih bingung bang maunya si google adsense itu gimana...formatnya saja dengan berbagai aturan tapi kenyataannya banyak yg melanggar... kan aneh tuh si gogle...hehehe

Dasril Iteza Monday, March 4, 2013 at 2:49:00 PM GMT+7  

@KangFarhan....

saya setuju bang, kenyataan yang ada memang sedikit banyaknya bikin pusing, jadi bingung untuk menerapkan langkah-langkah optimasinya kalau seperti ini.

tapi sih pa boleh buat, google yang punya kuasa untuk adsense-nya!

han doko Wednesday, June 5, 2013 at 7:25:00 PM GMT+7  

Sebetulnya bukan masalah iklannya, tapi konten kita juga penting
saya bisa bantu buat akun adsense
jangan lupa kunjungi balik blog saya gan
jasaadsensepalingmurah.blogspot.com

Dasril Iteza Thursday, June 6, 2013 at 12:18:00 AM GMT+7  

@han doko...

gimana pmbaca Blog Dasril Iteza, kang han doko bisa loh bantu agan2 semua yang lagi pengen punya akun AdSene....

Akang Budi Sunday, August 11, 2013 at 12:34:00 AM GMT+7  

btw sudah berapa kali PO gan? hehe

http://acaratelevisindonesia.blogspot.com/

Dasril Iteza Tuesday, August 13, 2013 at 12:10:00 AM GMT+7  

satu kali bro..... mudah2an sukses untuk yang kedua ini

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs