Kisah Buah Semangka dan Buah Urisan

Dasril Iteza - Di Belitung, zaman dahulu kala ada seorang anak manusia yang mempertanyanyakan mengapa buah semangka, phonnya kecil namun buahnya besar melebihi ukuran pohonnya itu sendiri, sedangkan buah Urisan (maaf saya belum tahu nama ilmiah buah ini) pohonnya besar dan tinggi namun buahnya kecil-kecil seperti seukuran buah Bagu (Melinjo).


Berhari-hari lamanya anak manusia itu merenung seolah-oleh ingin “memprotes” hasil ciptaan Tuhan. Rasa tidak puas akan ketidakadilan itu telah merasuk dalam benaknya. Namun jawabannya tidak kunjung ditemukan. Bertanya kesana kemari pun tidak pula mendapatkan jawaban yang memuaskannya. Orang-orang enggan untuk membahas mengapa Semanga besar buahnya sedangkan pohonnya kecil merambat ditanah dan sedangkan Buah Urisan kecil seperti buah Melinjo dengan pohon tinggi dan besar.

Setelah sedemikian lama menunggu, akhirnya yang maha kuasa memberikan juga jawabannya.

Suatu hari, saat sang anak manusia sedang duduk-duduk malas dan bersandar dibawah pohon urisan yang sedang berbuah lebat dan banyak yang sudah masak, tiba-tiba kepalanya dijatuhi oleh Buah Urisan yang sudah masak. Anak manusia itupun terkejut. Dia memungut buah urisan yang telah jatuh ketanah yang tadi sempat mengenai kepalanya.

Lama dia pandangi buah Urisan masak tersebut. Tiba-tiba dia tersadar bahwa inilah jawabannya yang selama ini dia cari. Andaikata yang mengenai kepalanya tadi adalah buah Semangka yang jatuh dari pohon dengan ketinggian tertentu seperti pohon Urisan, tentu dia akan merasa kesakitan, mungkin akan pingsan atau bukan tidak mungkin bisa juga meninggal.

Tuhan Maha Tahu akan manfaat dan mudarat atas segala ciptaanNya.

Pohon Urisan yang besar dan tinggi menjulang namun buahnya kecil-kecil tidak akan membahayakan manusia yang dijatuhui buahnya. Lebih-lebih pohon Semangka yang tidak mungkin jatuh ketanah akan membahayakan manusia yang lewat dibawahnya karena memang buah semangka besar-besar namun merambat diatas tanah.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs