Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat Hidung Berdarah (mimisan)

Dasril Iteza - Sejak zaman dahulu, masyarakat tradisional sudah menggunakan daun sirih untuk obat hidung berdarah. Sampai sekarang pun tumbuhan ini masih banyak digunakan warga untuk pengobatan berbagai jenis penyakit. Bahkan tumbuhan Sirih ini tumbuhnya pun tidak sulit, bisa dipekarangan rumah sendiri atau dikebun-kebun warga.

Masyarakat tempo dulu, seperti di daerah saya Belitung, tumbuhan yang bernama latin Piper betle L atau familiar disebut dan dikenal dengan nama Daun Sirih, bukan hanya untuk keperluan nenek-nenek untuk Nyirih dan Nyugi saja, melainkan dimanfaatkan juga sebagai obat. Sirih memiliki khasiat atau manfaat untuk kesehatan dan mengobati berbagai penyakit.


Salah satu manfaat daun sirih adalah untuk penyumbatan sementara hidung berdarah (mimisan). Orang-orang zaman dahulu memanfaatkan daun sirih sebagai obat tradisional apabila mengalami mimisan, hidung berdarah! Daun sirih digulung dan langsung disumpal pada lubang hidung yang mimisan.

Hingga sekarang ini serta pengamatan saya pribadi dilingkungan sekitar saya tinggal masih ada warga yang menggunakan daun sirih apabila mengalami mimisan.

Untuk mengatasi hidung berdarah tidaklah sulit. Cukup dicari satu helai daun sirih, digulung sesuai ukuran lubang hidung, lalu sumbatkan kedalam lubang hidung yang mengeluarkan darah tadi. Dalam waktu yang relatif cepat, darah yang mengalir tersebut akan berhenti seketika.

Pengobatan mimisan dengan daun sirih tentu saja pengobatan sementara. Orang-orang terdahulu sudah biasa menggunakan daun sirih ini untuk mengobati mimisan. Lalu kalau mau dibawa kerumah sakit pun tidak masalah untuk periksa lebih lanjut. Tidak kerumah sakitpun juga tidak masalah, karena yang pasti darah yang keluar dari hidung tersebut sudah berhenti mengalir.

Menghentikan darah pada hidung berdarah atau mimisan adalah salah satu dari sekian banyak khasiat daun sirih, karena khasiat-khasiat lain yang dikandung daun sirih adalah dapat untuk mengobati sakit perut serta pengobatan syaraf.

Menurut literatur daun sirih bisa dipakai juga untuk pengobatan batuk, sariawan, bronchitis, jerawat, keputihan, sakit gigi, demam berdarah, mulut bau, haid tidak teratur, asma, radang tenggorokan dan gusi bengkak.

Pemakaian luar selaian hidung berdarah, daun sirih pun cukup ampuh untuk mengobati eksim, luka bakar, sakit mata, kurap, koreng, gusi berdarah dan menghilangkan gatal.

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

jaket kulit Friday, September 19, 2014 at 5:26:00 PM GMT+7  

salam hangat dari kami ijin informasinya dari kami pengrajin jaket kulit

Dasril Iteza Monday, August 24, 2015 at 8:29:00 AM GMT+7  

@jaket kulit .....

silakan share kalo memang berkenan dan tentu saja jangan lupa cantumkan link sumbernya. thanks!

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs