Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat konten situs blog

Dasril Iteza - Sebenarnya, hal-hal seperti apa yang harus diperhatikan dalam membuat konten situs blog? Jika kita browsing diinternet, tentu kita akan mendapatkan banyak sekali informasi yang menjurus ke permasalahan tersebut. Semenjak saya mengelola situs blog sederhana ini dari tahun 2008 silam hingga sekarang ini, tentu sedikit banyaknya saya juga mengamati beragam informasi yang disajikan dalam upaya pembuatan konten situs blog yang berkualitas dan tidak hanya mejeng di halaman utama SERPs.

Menyajikan artikel yang bagus dalam konten situs blog membutuhkan lebih banyak kata kunci dan panjang. Kita harus alihkan perhatian pembaca (pengunjung) dengan sesuatu yang membuat mereka penasaran. Disaat yang sama kita juga perlu memiliki kata kunci yang menjadikan artikel situs blog kita berada di posisi atas hasil pencarian "search engine". Tentu ini merupakan hal yang tidak mudah, bukan?

Melibatkan pembaca adalah aspek yang paling penting dari menulis konten dalam situs blog. Pengunjung sekaligus pembaca adalah target utama dari sebuah situs blog. Seseorang ketika akan mencari suatu artikel, maka seseorang tersebut tidak menginginkan penjelasan lain yang bertele-tele, pembaca yang mencari informasi spesifik dan tidak ingin menyeberang kepada konten lain hanya untuk mengisi ruang atau menyediakan tempat untuk kata kunci yang telah kita sodorkan sebelumnya.

Pembaca atau pengunjung akan menganggap bahwa sisa dari artikel akan memberi mereka informasi yang mereka butuhkan, sehingga dalam hal ini kita selaku pemilik situs blog, bisa dikatakan telah meraih dan memegang perhatian mereka. Inilah yang selama ini dinginkan oleh seorang blogger, bukan?

Kurang lebih, isi sebuah situs blog harus mencakup:
  • Sebuah paragraf pembuka yang mengundang perhatian;
  • Kata kunci setidaknya pada kalimat pertama dan terakhir dari artikel;
  • Informasi yang diinginkan pembaca;
  • Tulisan mengalir yang informatif dan menarik perhatian pembaca;
  • Tidak perlu artikel panjang (kalau bisa) yang penting telah menjelaskan apa yang dibutuhkan oleh pembaca.
Sama seperti website, konten situs blog pun juga harus menekankan kualitas daripada kuantitas. Kita dapat memberikan kepada pengunjung konten yang mereka inginkan ketika menggunakan kata kunci SEO dengan memilih penulisan artikel profesional dengan kosa kata yang luas dan pengetahuan yang baik dari struktur kalimat.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan, tidak sedikit blogger yang membeli konten/ artikel, namun membeli tulisan (artikel) pada situs terbaik sekalipun akan sia-sia jika tidak memberikan pembaca apa yang mereka cari. Disamping itu, idealnya, konten yang berupa ulasan, pemaparan, yang originalitas buah pemikiran sang blogger akan jauh lebih terhormat dan diakui sebagai “made in” sang blogger itu sendiri.

Ada tanggapan, ide maskukan atau kritik saran terhadap apa yang saya paparkan diatas, jangan sungkan dan silakan untuk berbagi pada kotak komentar dibawah karena ide anda dan ide saya dalam mejelaskan judul diatas sudah pasti tidak sama.

-------------------------------------------------------------------------------------



3 comments :

Mobile App Developers Saturday, September 12, 2015 at 2:30:00 PM GMT+7  

Awesome work.Just wanted to drop a comment and say I am new to your blog and really like what I am reading.Thanks for the share

Mobile App Developers Wednesday, October 21, 2015 at 6:34:00 PM GMT+7  

What you're saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I'm sure you'll reach so many people with what you've got to say.

GST Registration in Delhi Wednesday, January 4, 2017 at 2:23:00 PM GMT+7  

Great article, Thanks for your great information, the content is quiet interesting. I will be waiting for your next post.

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs