Buku Rapor Sekolah Guru B (SGB)

Blogger BelitungBuku Rapor Sekolah Guru B (SGB) Manggar Belitung Tahun 1961. Pada tahun 1946 pemerintah membuka 3 sekolah guru yaitu Sekolah Guru A (SGA), Sekolah Guru B (SGB) dan Sekolah Guru C (SGC). Lama pendidikan SGA yaitu 6 tahun setelah Sekolah Rakyat (SR), SGB 4 tahun setelah SR dan SGC adalah 2 tahun setelah SR. SGA bertujuan untuk mencetak tenaga pengajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP).


Almarhum Bapak saya adalah salah satu lulusan Sekolah Guru B (SGB) atau sekolah guru 4 tahun yang ada di Manggar, Belitung, waktu itu. Saya yang hidup dizaman ini tentu asing dengan apa itu sekolah SGB. Hasil bongkar-bongkar arsip keluarga, maka saya mendapatkan buku rapor sekolah guru B milik almarhum Bapak saya. Beliau sendiri tamat SGB tahun 1961.

SGB dan SGC bertujuan untuk mencetak tenaga pengajar di SR. Siswa yang masuk di SGB adalah lulusan Sekolah Rakyat (SR) kelas VI yang lulus dalam ujian masuk SGB. Peserta didik yang pandai dan tidak mampu mendapat ikatan dinas dari pemerintah. Upaya tersebut guna meringankan beban orangtua maupun peserta didik yang masuk di SGB.


Perlu di ketahui, bahwa saat itu Manggar masuk dalam Provinsi Sumatera Selatan, dimana Sekolah Guru B Manggar sendiri saat itu merupakan salah satu dari 4 (empat) SGB yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker