All About Rayap

Apa Itu Rayap? Rayap sudah dikenal 250.000 tahun yang lampau, siklus hidupnya dimulai dalam masa pengembaraan. Apabila masa pengembaraan mereka telah selesai, mereka akan melepaskan sayap-sayapnya dan apabila jantan bertemu dengan betina mereka akan membentuk sarang dan hidup bersama sebagai raja dan ratu. Ratu sebagai petelur bisa menghasilkan hingga 10.000 butir telur. Dalam kehidupan rayap terdapat tiga golongan yaitu golongan pekerja, golongan tentara dan golongan produktif (pengembara) selam 2-3 tahun dan memulai siklusnya lagi. Seekor rayap sangup bertahan hidup hingga 30 tahun. Hidup sebagai serangga sosial anggota bangsa Isoptera yang dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia. Rayap bersarang di dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi. Rayap masih berkerabat dengan semut, yang juga serangga sosial. Dalam bahasa Inggris, rayap disebut juga "semut putih" (white ant) karena kemiripan perilakunya.

Rayap - Kredit tolweb.org

Jenis Rayap

Ada dua jenis rayap yaitu (1). Sub Terranian Termite. Rayap ini berasal dari tanah dengan warna kulit agak kecoklatan dan sedikit gemuk, (2). Drywood Termite. Rayap ini berasal dari kayu dengan warna kulit putih dan agak kecil.

Mengetahui adanya rayap

Untuk mengetahui ada tidaknya rayap di rumah atau dibangunan tempat tinggal anda ada beberapa cara konvensional diantaranya (1). Memukul-mukul tiang atau konstruksi bangunan dan apabila dipukul akan mempunyai bunyi yang lembek, (2). Butir-butir tanah, melihat pada tanah, lantai atau tembok apakah ada rumah-rumah rayap, (3). Kelembaban, bila adanya kelembaban mungkin adanya kehidupan rayap dengan sangat makmur, (4). Bunyi atau suara, adanya buni atau sura pada malam hari. Untuk mengetahuinya tempelkan telinga anda pada dinding atau dengan alat steteskop. Sepanjang yang saya tahu bunyi rayap ini sangat kecil sekali hingga nyaris tidak bisa didengar. Bunyi rayap ini agak mirip-mirim dengan bunyi udang hidup yang anda kumpulkan didalam ember.

Akibat Keganasan Rayap

Menurut Dr. Snyder, rayap mengenal 120 jenis makanan. Bila makana rayap telah habis mereka akan menyerang bangunan. Pertama mereka akan memakan kayu yang lunak, baru kemudian kayu yang keras dan apabila bahan kayu telah habis mereka kemudian akan menggerogoti misalnya plastic pembungkus kabel listrik dan hal ini yang bisa menjadi pemicu kebakaran. Di pulau Dewata, Bali, pernah kejadian hampir 70% hotel yang ada di pulau ini pernah diserang rayap diantaranya Hotel Bali Beach, Sanur Beach Cottage, Bali Hyatt Hotel, werdhapura Cottage dan beberapa Cottage lainnya.

Cara pencegahan

Beberapa cara pencegahan rayap bisa diterapkan cara-cara seperti ini diantaranya membuat ventilasi bangunan yang baik sehingga ruangan tidak menjadi lembab, membakar sampah-sampah yang tertimbun, membasmi rayap yang ada misalnya dengan air panas, minyak tanah dll. Sedangkan metode pencegahan sebelum rayap menyerang bangunan, beberapa diantaranya Soil Poisoning, adalah pada saat hendak membangun sebuah rumah tanah tanah harus diberi zat-zat racun misalnya dieldrin, aldrien (0,5-1,0%), chlordane (1-2%) denagn pelarut solar/ minyal diesel. Concrete Poisoning, yaitu konstruksi bangunan seperti pemasangan batu bata beton diberi zat pembasmi rayap misalnya kreosot, pentachlorphenol. Wood Poisoning, yaitu bahan-bahan kayu untuk bangunan dengan member zat racun misalnya dengan benzena hexachlorida (BHC), DOT, heptachlor, pentachlor dll. Sedangkan misalnya bila keadaan dalam lingkungan dan bangunan anda telah demikian gawat dengan serangan rapap, anda dapat menghubungi perusahaan pestisida pest control dan lain-lain.

Resumed by kodzan
Dari berbagai sumber

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs